Beranda Berita Plt Bupati Jepara Membersihkan Sampah di Pantai Blebak

Plt Bupati Jepara Membersihkan Sampah di Pantai Blebak

0
Berita jepara plt bupati jepara pantai blebag
0 0
Read Time1 Minute, 51 Second

Wartapati.com JEPARA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta kepada masyarakat dan element agar lebih meningkatkan kesadaran untuk mengelola sampah. Para petinggi harus menjadi motor penggerak bagi warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk para orang tua harus membiasakan anak-anaknya membuang sampah pada tempatnya. 

“Kini sudah saatnya sampah dipandang sebagai sesuatu yang memiliki nilai guna dan manfaat, sehingga tidak layak buang percuma. Ini langkah nyata untuk merubah paradigma  pengelolaan sampah yang mulai dari lingkungan darat hingga kawasan pesisir.”Ungkap Dian saat membersihkan sampah di Pantai Blebak Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo, Minggu (23/2/2020). 

Total hampir satu ton sampah berhasil terkumpul dari aksi ini. Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kabupaten Jepara yang dipusatkan di Pantai Blebak Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo.

“Kesadaran masyarakat harus terus kita bangun untuk memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun pemerataan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Di Kabupaten Jepara, Kata Andi, setiap harinya menghasilkan sekitar 1.380 ton sampah. Seiring pertumbuhan penduduk, keberadaan timbunan sampah ini akan semakin bertambah.

“Jika kesadaran masyarakat masih kurang serta pengelolaannya belum komprehensif dan sinergis, maka persoalan sampah akan sulit diurai dan menjadi persoalan turun-temurun bagi anak cucu kita,”Kata Andi. 

Saat ini, Lanjut Andi, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pencemaran plastik ke laut terbesar kedua di dunia. Berdasarkan data dari BPS, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. 3,2 juta ton diantaranya dibuang ke laut. 

Dari jumlah itu, terdapat 85 ribu ton sampah berjenis plastik. Data Bank Dunia juga menyebut jika 87 kota di pesisir Indonesia turut memberikan kontribusi membuang sampah ke laut sekitar 1,27 juta ton.

“Kita juga mengandalkan pariwisata pantai, untuk itu kebersihan juga harus dijaga. Jika pantainya bersih tentu pengunjungnya juga akan betah dan meningkat jumlahnya.”Terangnya. 

Sementara itu, Petinggi Desa Sekuro Ali Shokib mengungkapkan, untuk pengelolaan sampah pihaknya sudah menyiapkan beroperasinya bank sampah. Selain itu, total ada sepuluh motor roda tiga pengangkut sampah yang disiagakan. Pihaknya juga mencanangkan lima tahun ke depan, wilayahnya hatus bebas dari sampah. 

“Termasuk pengelolaan sampah di Pantai Blebak ini menjadi tanggung jawab kita semua,”Pungkasnya.

Kontributor : Jambrong
Editor : Wisnu

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakPati Kerap Banjir Bandang, Wacana Sudetan Sungai Diusulkan Ke Balai Besar Wilayah Sungai
Artikulli tjetërLima Calon Transmigran Asal Pati Akan Berangkat ke Lamandau Kalteng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini