Beranda Berita Warta Jepara Bersama Anak-Anak PAUD, Dian Kristiandi Melepasliarkan Ratusan Tukik di Pantai Cemara

Bersama Anak-Anak PAUD, Dian Kristiandi Melepasliarkan Ratusan Tukik di Pantai Cemara

0
0 0
Read Time1 Minute, 0 Second

Wartatimes.com JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi kembali melepasliarkan ratusan tukik atau anak penyu di Pantai Cemara, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Sabtu (12/3/2022) sore. Kali ini bupati ditemani belasan siswa PAUD desa setempat. 

Dian Kristiandi mengatakan, sejak dini anak-anak perlu ditanamkan rasa cinta terhadap lingkungan. Termasuk untuk menjaga ekosistem hewan yang dilindungi, seperti penyu ini. Apalagi keberadaan penyu hampir terancam punah. 

“Kita ajak anak-anak ini untuk lepasliarkan tukik ke alam bebas. Agar dapat berkembang biak,” kata Andi.

Andi mendorong untuk melakukan pelestarian penyu. Dia berharap agar hewan penyu semakin banyak dan berkembang di Kepulauan Karimunjawa. 

Dari enam spesies penyu yang ada di Indonesia, ada dua jenis yang berkembang di Karimunjawa yaitu jenis penyu sisik dan penyu hijau. Ada sekitar 200 anakan penyu jenis sisik yang dilepas di Pantai Cemara.

Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa melakukan upaya pelestarian penyu dengan menetaskan. Setelah ditetaskan anakan penyu kemudian dilepas di alam bebas. Diharapkan setelah mereka dewasa nanti, akan kembali ke Karimunjawa untuk bertelur. 

Secara keseluruhan jumlah populasi penyu di Karimunjawa antara 200 hingga 500 ekor. Sebelumnya bupati juga melepasliarkan anakan penyu di Pulau Parang. 

Selain melepasliarkan tukik, politisi PDI Perjuangan itu juga melakukan penanaman mangroove dan melakukan transplantasi terumbu karang.(Jambrong)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakBupati Andi Sidak Proyek Hunian di Kemojan
Artikulli tjetërGanjar Bawa Tanah dan Air dari Puser Bumi Jawa Ke Kalimantan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini