Jepara Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

28
0
Read Time2 Minute, 3 Second

Wartapati.com JEPARA – Pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi hari ini Rabu 17/6 dilakukan oleh Kepala BPS Manggus Suryono di Gedung Shima kompleks Setda Jepara

Pencanangan itu dihadiri oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Arm Suharyanto, Kepala Pengadilan Negeri Jepara Buyung Dwikora, perwakilan Kejaksaan Negeri Jepara dan sejumlah pimpinan instansi terkait.

Kepala BPS Manggus Suryono mengatakan, proses membangun zona integritas menuju WBK di BPS Jepara telah dimulai sejak 2018 lalu. Syarat-syarat menuju pembangunan zona integritas, katanya, sudah dipenuhi oleh BPS Jepara. Dua diantaranya yakni opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan serta nilai implementasi SAKIP dengan nilai minimal C.

“Proses membangun zona integritas merupakan kerja berat. Oleh karenanya semua pihak mulai dari pimpinan sampai level bawah harus punya komitmen yang kuat dan punya mindset yang seirama agar keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai,” kata Manggus dalam sambutannya.

Manggus menambahkan, ada tiga hal yang ingin dicapai dalam zona integritas ini yakni terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta terwujudnya kualitas pelayanan publik.

“Perbaikan-perbaikan kinerja sudah terus kita lakukan. Yang terbaru misalnya rilis data Jepara saat ini sudah bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya. 

Manggus mencontohkan, data Jepara Dalam Angka dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kini sudah bisa dirilis pada Februari dari sebelumnya pada Agustus. Begitu juga dengan angka kemiskinan bisa dikeluarkan ditahun yang sama. Sebelumnya,data angka kemiskinan ini baru bisa dirilis ditahun berikutnya. 

“Kita terus berbenah utamanya dalam penyediaan data agar masyarakat bisa mengakses data dengan mudah, murah dan lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK di lingkungan BPS Jepara. Pemkab Jepara, katanya, kini juga tengah menyiapkan tiga organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membangun zona integritas menuju WBK. Ketiganya yakni RSUD Kartini, DPMPTSP dan Disdukcapil.

“Sedang kita siapkan tiga OPD ini. Mudah-mudahan segera menyusul OPD lainnya. Ini semuanya sebagai bentuk semangat untuk menjadikan Jepara menjadi wilayah berintegritas yang bebas korupsi seperti harapan kita semua,” kata bupati.

Lebih lanjut Andi juga mengapresiasi perbaikan kinerja yang dilakukan oleh BPS Jepara terkait dengan penyajian data. Jika sebelumnya data bisa dirilis setahun atau bahkan dua tahun setelah pendataan, kini data bisa dikeluarkan di tahun yang sama. 

“Kami sampaikan terima kasih kepada BPS atas perbaikan-perbaikan ini. Yang penting membangun komitmen bersama untuk menjalankan tugas ini dengan baik,” tandasnya.

Kontributor : Jambrong
Editor : Dianovery

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here