Beranda Berita Warta Jepara Penerbitan KIA di Jepara Lampaui Target Nasional

Penerbitan KIA di Jepara Lampaui Target Nasional

37
0
0 0
Read Time1 Minute, 21 Second

Wartpati.com JEPARA Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Sri Alim Yuliatun mengatakan bahwa penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Jepara pada tahun 2020 melampaui target nasional, yaitu dari target 20% tercapai 21,16%. Tahun lalu dari 326.814 anak, 68.928 anak sudah memiliki KIA.

Melihat pengalaman tahun lalu pihaknya optimistis target nasional tahun ini juga terlampui. Pasalnya, dari target 30%, sampe Maret sdh terealisasi 25,53%, atau dari 325.855 anak sudah berhasil diterbitkan 83.694 KIA. Jumlah ini belum termasuk 5.570 permohonan yang statusnya sudah selesai verifikasi dan siap cetak. Hal ini ditegaskan Alim, sapaan akrab wanita yang sudah mengomandani Disdukcapil selama 8 tahun ini di ruang kerjanya baru-baru ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Jepara, Sulasih menambahkan, selain jemput bola, pihaknya juga menerima ajuan KIA kolektif secara online dari berbagai lembaga pendidikan di Jepara. Saat ini sudah ada 84 lembaga pendidikan yang bekerjasama dengan Disdukcapil untuk pembuatan KIA. Lembaga pendidikan tersebut masing-masing 34 PAUD, 47 SD/MI, dan 3 SMP. Pihaknya menyadari, jumlah lembaga pendidikan yang sudah bekerjasama ini tidak sebanding dengan banyaknya lembaga pendidikan di Jepara. Oleh karena itu ia berharap lembaga pendidikan lain mengikuti jejak teman-teman mereka. “Kami siap mendatangi sekolah-sekolah jika diperlukan”, kata Sulasih.

Untuk mengenjot kepemilikan KIA, selain melakukan sosialisasi secara massif, Disdukcapil Kabupaten Jepara memberikan 4 bentuk layanan. Pertama, masyarakat bisa mengajukan mandiri secara online; kedua pengajuan bisa dilakukan secara kolektif melalui lembaga pendidikan; ketiga pemberian KIA bagi pemohon akta kelahiran baru usia 0-5 tahun; serta keempat pemberian KIA kepada pemohon revisi akta kelahiran usia 0-5 tahun. Jambrong

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikel sebelumyaWakil bupati Rembang Berikan dukungan Moril Keluarga Kru Selam Nanggala 402
Artikel berikutnyaJepara Bupati Segera Usulkan Formasi Guru Agama Hindu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here