Beranda Berita Warta Rembang Ngabuburit Bareng Petani, Bupati Salurkan Ratusan Bantuan Alsintan

Ngabuburit Bareng Petani, Bupati Salurkan Ratusan Bantuan Alsintan

0
0 0
Read Time1 Minute, 13 Second

WARTAREMBANG Pemkab Rembang melalui Dinas Pertanian kembali menyalurkan ratusan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di bulan Ramadan.

Penyerahan alsintan dilakukan langsung oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Selasa ( 26/04/2022).

Bupati dalam kesempatan itu berpesan agar bantuan alat pertanian yang diberikan ini agar dikelola dan dirawat dengan baik. Yang selama ini sering berhembus kabar bantuan alsintan hanya dikuasai Ketua kelompok tani jangan sampai terjadi.

Pesan Bupati itu sangat beralasan, bagaimana petani selalu dihadapkan dengan situasi yang dilematis. Oleh karena itu bantuan Alsintan ini diharapkan menekan biaya operasional petani sehingga dapat meningkatkan keuntungan mereka.

“Kalau hasilnya produk mahal nanti pembeli marah. Kalau dibeli harga murah pasti petani tidak berdaya. Untuk itulah peran pemerintah intervensi petani melalui alsintan baik alat pengolah maupun panen.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Iwan Haswanto menyampaikan bantuan Alsintan yang bersumber dari Anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tersebut berupa 49 Traktor roda 2, 11 Cultivator, 14 Hand Sprayer dan 110 Ton Pupuk Non Subsidi.

Kemudian Alsintan dari Anggaran DAU berupa 67 unit Traktor Roda 2, 13 unit Cultivator, 3 unit Traktor Rotari, 13 unit Pompa Air, 6 unit Kendaraan Roda 3, 2 Traktor Roda 4 dan 3 Paket Pupuk Non Subsidi.

“Tujuan dari diberikannya bantuan alat pertanian ini adalah untuk mempercepat pengolahan tanah dan proses panen, menghemat biaya produksi dan biaya panen dan dapat mengolah tanah dan panen secara serempak, ” tandasnya (ddk/dn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakLepas Keberangkatan Bus Pemudik, Bupati Doakan Kelancaran Perjalanan
Artikulli tjetërDongkrak Geliat Ekonomi, Platform E-commerce Gandeng UMKM di Kudus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini