Beranda Berita Warta Rembang Tembakau Petani Rembang Juara 1 Cita Rasa

Tembakau Petani Rembang Juara 1 Cita Rasa

0
0 0
Read Time1 Minute, 12 Second

WARTAREMBANG Tembakau milik petani Kabupaten Rembang keluar sebagai juara pada lomba Soropadan Agro Festival di Kabupaten Temanggung yang digelar pada tanggal 24 sampai dengan 26 Oktober 2022.

Tembakau yang ditanam Wawan Edi Susanto petani asal Desa Pinggan Kecamatan Bulu berhasil menjadi juara 1 lomba cita rasa Tembakau kategori lembutan Sawah. Wawan juga mendapat juara 3 di kategori lembutan tegal.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto, raihan juara produk tembakau itu menunjukkan bahwa  tembakau Kabupaten Rembang memiliki ciri khas dan citarasa yang baik. Tak salah jika tembakau menjadi salah satu komoditi unggulan dan akan terus dikembangkan.

“Saya berharap ini menjadi momentum ini menjadi penyemangat petani tembakau kita yang mana tahun ini menghadapi cuaca ekstrim. Cuaca tahun ini sangat mempengaruhi hasil panen tembakau kita, semoga hasil tahun depan melimpah dan bisa untuk menutupi kerugian tahun ini, ” ungkapnya.

Agus membenarkan tembakau di Desa Pinggan dan Kecamatan Bulu pada umumnya, menurut informasi yang diterima, memang memiliki kualitas bagus. Tentunya, kedepan akan semakin membuka peluang pasar, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Wawan Edi Susanto, petani tembakau Desa Pinggan menuturkan hasil tembakaunya untuk kategori lembutan sawah dan tegalan memang terbilang baik. Namun untuk kategori lembutan gunung tentu Temanggung  masih yang terbaik.

Wawan menyebut tembakau yang diikutkan lomba kemungkinan mendapat grade S1 atau Ssp, masuk kategori  terbaik.

“S1 itu predikat tembakau yang mewakili semua kriteria penilaian, dari sisi warna, ketebalan, aroma dan keserasian. Kalau Ssp di atasnya S1, “ tandasnya. (dot)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakIngin Kembangkan Biogas, Wagub Study Banding di Tiga Kabupaten
Artikulli tjetërDampingi Kapolri Silaturahmi ke Ulama dan Habib di Semarang, Taj Yasin Imbau Masyarakat Terus Jaga Kerukunan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini