Beranda Berita Warta Rembang Omah Setrum Pintar Terangi Jalan Manfaatkan Angin Dan Matahari

Omah Setrum Pintar Terangi Jalan Manfaatkan Angin Dan Matahari

0
0 0
Read Time1 Minute, 42 Second

WARTAREMBANG pemandangan terang terlihat membelah jalan di persawahan Desa Kedungasem Rembang, tepatnya di  perbatasan desa Kedungasem Kecamatan Sumber dengan Sidomulyo.

Ada 15 lampu dipasang dan menerangi sepanjang jalan yang membelah sawah warga. bantuan  teknologi  Omah Setrum Pintar.

Omah Setrum Pintar  merupakan inovasi teknologi yang diciptakan oleh inovator dari Kabupaten Blora, Noer Chanief. Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) ini memanfaatkan tenaga angin dan surya atau sinar matahari dan telah dipasang di 50 lebih daerah di seluruh Indonesia.

Triana Husnul Khotimah , Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang menuturkan teknologi Omah Setrum Pintar tersebut merupakan bantuan dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya , Bappeda Rembang melakukan survei di beberapa lokasi. “Dari beberapa lokasi yang dipilih di Kedungwatu ini karena dinilai kemanfaatannya paling tinggi.  belum terdapat jaringan listrik, ” ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Nana menambahkan dengan adanya lampu penerangan ini membantu warga yang beraktivitas di malam dan dini hari. Seperti nelayan yang mau berangkat melaut, ibu- ibu kerja di tempat pengolahan ikan dan petani di sawah.

“Semoga bisa dirawat dengan baik tower dan teknologinya ini. Dan kami berharap desa- desa di Kabupaten Rembang bisa berinovasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.”

Noer Chanief inovator Omah Setrum Pintar menyebutkan bahan untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya dan angin ciptaannya cukup sederhana dan murah. Seperti pelek sepeda, rantai sepeda motor , besi siku dan aki yang biasa dipakai mobil.

“Untuk perawatan Omset pintar ini hanya butuh pelumasan dan pengecekan air AKI. Dua hal itu yang harus diperhatikan agar tidak terjadi keausan yang parah pada lakernya dan akinya tidak kering, ” jelasnya.

Satu tower Omset Pintar dengan kapasitas 4.800 watt saat ini diperuntukkan 15 lampu. Namun itu masih bisa dikembangkan untuk jumlah lampu yang lebih banyak lagi.

Salah satu warga setempat, Karman mengaku keberadaan Omset Pintar ini sangat berguna bagi masyarakat. Pasalnya penerangan jalan tersebut membuat warga lebih nyaman untuk ke sawah atau lewat jalan itu.

“Sebelumnya kan malam gak pernah ke sawah, ya pernah tapikan tidak lama. Setelah ini ada lampu hampir 2 jam kalau ke sawah malam hari, ” tandasnya. *dn)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakWagub Apresiasi Santri Yang Turut Kembangkan Potensi Ekonomi Masyarakat
Artikulli tjetërIngin Kembangkan Biogas, Wagub Study Banding di Tiga Kabupaten

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini