Beranda Berita Pati IPMAFA Sukses Gelar Marching Competition Tingkat Nasional

IPMAFA Sukses Gelar Marching Competition Tingkat Nasional

0
0 0
Read Time3 Minute, 3 Second

WARTAPATI.COM Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati sukses menggelar Kejuaraan Nasional IPMAFA Marching Competition (IMC) Perdana Tahun 2023 memperebutkan Piala Menpora RI dan Rektor IPMAFA pada Sabtu (2/9/2023).

Kejuaraan Nasional Perdana yang digelar IMC ini diikuti 23 tim dari berbagai daerah, mulai dari Pati, Demak, Jepara, Kudus, Semarang, Purwodadi, Rembang dan Demak.

Jenis perlombaan dalam kejuaraan tersebut meliputi Unjuk Gelar Non Mandiri dan Non Mandiri (Konser) Tingkat Sekolah Kanak-Kanak (TK), Unjuk Gelar Mandiri (Konser) Tingkat Sekolah Dasar (SD), Marching Show Band Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama/ Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTP/SLTA), dan Military Band (Umum).

Kegiatan bertajuk Disiplin, Kebersamaan, Sportifitas, dan Kreatifitas ini terselenggara atas Kerjasama IMC, Kemenpora RI, IKA IPMAFA, Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) PP KMF, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) dan Asian Marching Band Confederation (AMBC).

Dalam sambutannya, Ketua IMC M Imamu Muttaqin menyampaikan perhelatan marching band tingkat nasional dan perdana dari IPMAFA diharapkan tidak hanya menjadi acara insidental saja, tapi dapat menjadi agenda rutin yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk memperkenalkan seni marching band lebih luas lagi,” tutur Imam.

Selanjutnya Perwakilan PP KMF Imam Sholahuddin menyampaikan selamat kepada seluruh tim yang akan tampil dan berpesan tetap menjaga sportifitas sebagaimana tajuk dalam kegiatan IMC ini.

“Selamat berlomba, bersiaplah untuk menjadi pemenang, dan jangan kecewa jika hari ini Tuhan belum mengizinkan tim Anda sebagai pemenangnya. Ambillah hikmahnya bahwa ketika dalam melakukan kompetisi, maka di situ kita masih ada kesempatan lagi untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Sholahuddin.

Sambutan terakhir dalam pembukaan kegiatan IMC ini disampaikan Rektor IPMAFA Abdul Ghofarrozin. Ia menyampaikan bahwa drum band dan marching band merupakan hal penting yang bisa menyatukan kebhinekaan.

“Drum band merupakan salah satu unsur yang mempersatukan, menyamakan dan mempertemukan kebhinekaan kita,” tuturnya.

Gus Rozin juga mengungkapkan bahwa kegiatan IMC ini merupakan penyelenggaraan kedua dari yang pertama bersifat lokal dan terbatas sebelum pandemi. Sedangkan kali ini merupakan tampilan nasional yang perdana.

Ia berharap penyelenggaraan kedua ini bisa lebih baik dari yang pertama, istikamah, berkembang dan menjadi agenda rutin IPMAFA Marching Competition.

Gus Rozin juga turut memberikan semangatnya kepada seluruh tim dengan sebuah motivasi taka da kekalahan dalam kompetisi.

“Semua peserta pada hari ini tidak ada yang kalah. Semuanya menang. Peserta marching band itu selalu menang menurut fans, madrasah atau komunitas masing-masing. Subyektifitas itu menjadi penting dan kecintaan terhadap almamater itu juga menjadi penting,” katanya.

Tak hanya itu, Gus Rozin juga menggarisbawahi hal terpenting dalam sebuah kompetisi yakni semangat belajar untuk menjadi lebih baik.

“Mengikuti kompetisi semacam ini kita bisa belajar dari yang lain, tidak sekedar melihat alat-alat kompetitor yang lebih mahal itu tidak, tetapi melihat dan belajar bagaimana tim-tim lain menyusun dan merancang performanya dengan baik,” tuturnya.

“Tak hanya itu, peserta dari berbagai kultur, daerah dan budaya yang berbeda bahkan agama yang berbeda bisa saling mengenal dan belajar. Oleh karena itu, melalui marching band ini kita semua bisa bersartu, bersahabat dan bersaudara,” imbuhnya.

Di akhir sambutan Gus Rozin mengucapkan selamat kepada 23 peserta yang hadir, dan berpesan tetap mengindahkan tajuk kegiatan dengan baik.

“Kita landasi kompetisi ini dengan jiwa kebersamaan dengan akal sehat dan tentu saja semangat untuk menang, namun diimbangi dengan fairness dan kompetisi yang baik,” pungkasnya.

Simbolis Pembukaan IMC 2023 ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak Sembilan kali oleh Rektor IPMAFA dan ditutup dengan doa oleh Ketua Yayasan Nurussalam Dr. KH. Ali Subhan, MA.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor IPMAFA, Wakil Guber Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen, Ketua Yayasan Nurussalam, Perwakilan Pengurus Pusat (PP) Keluarga Mathali’ul Falah (KMF) Imam Sholahuddin, Pengurus Pusat PDBI, AMBC, Danramil dan Kapolsek Margoyoso, Pengurus IKAFA, para mitra kerjasama maupun sponsor, Jajaran Civitas Akademika IPMAFA, dan tamu undangan. (Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini