Beranda Berita Hari Ini, 25 Orang Calon Anggota Komisi Informasi Jateng Jalani Psikotes dan...

Hari Ini, 25 Orang Calon Anggota Komisi Informasi Jateng Jalani Psikotes dan Dinamika Kelompok

0
0 0
Read Time1 Minute, 30 Second

WARTATIMES SEMARANG – Sebanyak 25 orang calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Periode 2022-2026 mengikuti psikotes dan dinamika kelompok, di Fakultas Psikologi Undip, Jalan Prof Soedarto, Tembalang, Semarang, Rabu (15/6/2022).

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Jateng KH Ahmad Daroji menyampaikan, pentingnya tes ini, mengingat seorang komisioner harus paham tugasnya dengan baik.

“Seorang komisioner Komisi Informasi harus paham betul tugasnya. Kemampuan untuk bekerja bersama itu akan bisa diketahui, antara lain dengan dinamika kelompok. Maka nanti ada (dinamika) kelompok,” kata Daroji ditemui di lokasi tes.

Dengan demikian, menurutnya, sisi psikologi calon juga menjadi hal yang penting. Dari tes ini akan diketahui apakah seseorang calon akan pantas atau tidak menjadi komisioner Komisi Informasi Jateng.

“Ada kemampuan kerja sama enggak. Kemampuan untuk mendengar, bisa tidak. Kemampuan untuk memtus, bisa enggak.  Itu semua dari sisi psikologi,” sambungnya.

Termasuk juga, singgung Daroji, ihwal cara memimpin, bekerja sama, sampai pada bagaimana menampung pendapat orang lain itu dilakukan di tes psikologi. 

Adapun untuk praktiknya nanti, maka tim seleksi juga bisa mengetahui dari proses kerja sama dalam satu grup yang dari satu kelompok yang dibuat dalam tes. 

“Makanya psikotes kita ada psikologi dan dinamika kelompok,” terangnya.

Adapun untuk saat ini, jumlah calon yang lolos ada 25 orang. Nantinya, ke 25 orang itu akan diambil 15 orang. “Nanti 15 orang itu akan ditentukan (diambil) oleh dewan menjadi tujuh orang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dia berpesan kepada calon anggota Komisi Informasi bisa mengikuti psikotes dengan bagus dan berdoa. “Mudah-mudahan bisa lolos,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, 25 orang terlihat serius mengerjakan materi psikotes di ruang tes. Adapun tes dimulai sejak pukul sekitar 09.00 WIB dan berakhir sampai siang hari sekitar pukul 12.00 WIB.

Selanjutnya, proses tes wawancara akan dilakukan di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng di Semarang, pada 23 Juni 2022. (Jambrong)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakTaj Yasin : Juleha Berperan Penting Tingkatkan UMKM Sehat dan Halal
Artikulli tjetërDua Hari Operasi 255 pelanggar Lalu Lintas Di Temukan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini