Beranda Berita Cara Cek Pajak Kendaraan Online dan Cara Membayarnya

Cara Cek Pajak Kendaraan Online dan Cara Membayarnya

0
https://img.freepik.com/free-photo/car-model-calculator-coins-white-table_1387-584.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.122370889.1683817063&semt=ais
https://img.freepik.com/free-photo/car-model-calculator-coins-white-table_1387-584.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.122370889.1683817063&semt=ais
0 0
Read Time2 Minute, 42 Second

Pemilik kendaraan pasti sudah paham kewajibannya untuk membayar pajak setiap tahun. Kini Anda tidak perlu bingung mengenai hal ini karena ada beberapa cara cek pajak kendaran online yang memudahkan untuk mengetahui kapan waktu Anda harus memenuhi kewajiban tersebut berikut jumlahnya.

Karena bisa dilakukan secara online, Anda bisa mengecek pajak dari mana saja dan membayarnya meski tinggal di wilayah yang tidak sama dengan lokasi pembayaran pajak. Anda pun tidak perlu untuk melakukan mutasi pajak tersebut ke area dimana sekarang tinggal. Tentu hal ini memudahkan siapa saja yang akan membayar pajak tersebut.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online dan Cara Membayar

Saat ini untuk mengecek pajak, baik tanggal jatuh tempo maupun jumlahnya secara online, bisa melalui dua cara yang sama mudahnya. Anda bisa menggunakan smartphone maupun laptop untuk mengakses pembayaran.

1. Cara cek pajak kendaraan online

Sebenarnya secara manual Anda bisa mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar dari nomor STNK. Di lembar STNK terdapat kolom yang bisa digunakan untuk menghitung kewajiban tersebut. Namun jika ingin praktis, dapat melalui cara online berikut:

a. Melalui website

Anda bisa mengecek pajak kendaraan dan mengetahui berapa harus bayar tagihan pajak dengan membuka website yang sudah disiapkan oleh Samsat. Langkahnya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs, yaitu https://e-samsat.id
  • Lanjutkan dengan pilih kode plat
  • Pada kolom yang tersedia, Anda bisa mengisi nomor plat, nomor mesin dan nomor rangka
  • Kemudian pilih provinsi
  • Lanjutkan dengan klik tombol Cek Sekarang
  • Nanti di layar akan muncul semua informasi mengenai kendaraan seperti nomor rangka dan jumlah nominal yang harus dibayar.

b. Melalui aplikasi

Langkah kedua untuk mengetahui jumlah pajak kendaraan secara online adalah dengan melalui aplikasi. Sebelumnya Anda perlu mengunduh aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) di Google Play Store atau App Store. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah:

  • Buka aplikasi SIGNAL
  • Registrasi dengan memasukkan data yang dibutuhkan pada kolom yang tertera
  • Setelah proses pendaftaran berhasil, pilih menu NKRB
  • Kemudian klik Lanjut
  • Pada layar akan muncul rincian pembayaran
  • Setelah Anda membaca semua rincian, bisa klik Lanjut
  • Berikutnya Anda bisa memilih cara pembayaran dan akan mendapatkan kode bayar
  • Segera lakukan pembayaran dengan cara sesuai pilihan

2. Cara membayar pajak kendaraan dengan online

Cara membayar pajak kendaraan dengan online sangat memudahkan pemilik kendaraan karena dapat membayar pajak kapan saja dan dimana saja. Samsat juga memberikan berbagai pilihan untuk proses pembayaran sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih oleh pemilik kendaraan, seperti melalui bank, transfer atau lewat marketplace seperti Blibli. Blibli sebagai marketplace ternama menyediakan berbagai jenis fitur untuk memudahkan pembayaran berbagai macam keperluan, termasuk pajak kendaraan.

Langkah yang diperlukan cukup mudah. Setelah mengecek jumlah pajak yang harus dibayar, baik melalui aplikasi maupun web, Anda tinggal meng-copy kode yang tertera. Selanjutnya buka aplikasi Blibli dan pilih E-Samsat.

Pada layar akan muncul kolom yang harus diisi dengan kode yang didapat pada saat pengecekan melalui website atau aplikasi Samsat. Setelah memasukkan nomor kode pembayaran tersebut, klik Lihat Tagihan. Selanjutnya Anda perlu memasukkan pilihan Blibli pada kolom pembayaran.

Melalui aplikasi dan web, Anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan kewajiban sebagai pemilik kendaraan. Cek pajak kendaraan Jawa Barat maupun wilayah lain sama caranya dan prosesnya mudah serta cepat.

Dengan kemudahan cek pajak kendaraan online kini siapa saja tidak perlu khawatir terlambat membayar kewajiban karena bisa membayar dari mana saja dan kapan saja secara mudah dan cepat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini