Tips Membangun Kepercayaan Diri, Agar Berani Tampil Di Depan Umum

33
0
Read Time2 Minute, 27 Second

Tampil di depan umum, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa mungkin terdengar menakutkan. Apalagi untuk mereka yang berkarakter introvert, permintaan seperti itu terdengar mustahil dapat dilakukan. Sebab selama ini telah akrab dengan kesunyian, tanpa hingar bingar dunia di luar dirinya.

Akan tetapi semua bisa dilatih. Asal ada niat dan usaha keras, jalannya pasti mudah. Hanya memang yang perlu diperhatikan, Anda harus terus menerus melakukan latihan dan mencobanya.

Jangan takut dan malu. Atau ikuti petunjuk di bawah bila masih ragu!

Travel mahesa pati travel pati jogja
  • Fokus pada kelebihan diri sendiri

Banyak yang merasa minder, sebab terlalu memikirkan kekurangan yang ada. Padahal hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bila ingin maju ke depan, sebaiknya perasaan minder dan kurang percaya diri atas keadaan itu, dibuang saja. Sehingga tidak menghalangi langkah saat hendak berjalan menuju kebaikan.

Harap selalu Anda ingat ya, bahwa tak ada manusia yang benar-benar sempurna di mata orang lain. Apa yang Anda lihat di permukaan selalu tidak pernah sama dengan yang terjadi sesungguhnya. Percayalah! Berusalah menyingkirkan ketakukan yang sesungguhnya itu tidak penting.

  • Perbaiki penampilan

Mungkin salah satu rasa minder Anda tersebab fisik yang kurang sempurna. Namun bukankah hal tersebut bisa disiasati dengan memperbaiki penampilan? Anda bisa melakukan cara seperti berikut ini :

  1. Rajin membersihkan badan melalui mandi setiap hari
  2. Keramas secara teratur
  3. Memakai wewangian kala pergi keluar rumah, atau saat bertemu orang lain
  4. Memotong kuku dan rambut yang telah panjang
  5. Rajin menunjungi salon guna make-over bila memang diperlukan
  6. Memakai busana yang rapi dan bersih. Tidak perlu mewah dan mahal. Asal sudah memenuhi standar layak dipandang orang, tak melanggar norma serta etika yang berlaku dalam masyarakat.
  • Ikut kelas publik speacking

Biasanya pada jenis orang-orang yang terkendala masalah komunikasi di depan umum, banyak mengikuti pelatihan ini. Dan faktanya jika serius dikerjakan, mereka berhasil keluar mengalahkan rasa malunya di depan halayak. Di sana nanti Anda akan diajarkan berbagai hal yang berkaitan erat dengan kasus yang tengah Anda hadapi.

Itu kelas bagus yang bisa diikuti siapa saja. Mudah ditemukan di mana-mana. Kebanyakan para mentor yang melatih adalah orang-orang yang memang sudah mumpuni di bidangnya. Jadi tidak hanya diajarkan mengenai tips berani tampil di muka publik saja, akan tetapi ada hal lain semacam sugesti pada pikiran, sehingga semangat Anda bangkit dan bisa memulai pekerjaan itu.

  • Berpikir positif

Otak yang dibiasakan diri memasukkan hal positif, terbukti ampuh menanggulangi perasaan buruk yang berkecamuk di hati. Sebab membiasakannya, sehingga secara otomatis dapat menghilangkan prasangka tak baik yang mengakibatkan kerugian pada diri sendiri.

  • Bergaul dengan orang sukses

Bergaul atau berteman dengan orang sukses, juga terbukti mampu mengatasi perasaan tadi. Karena orang-orang sukses umumnya berpikir ‘open minded’, ketimbang mereka yang memiliki presatasi biasa-biasa saja. Banyak ilmu positif dan bermanfaat yang bisa Anda serap darinya.

Selain itu, Andapun harus melatih bicara sendiri di depan cermin. Suka tak suka bila profesi Anda mengharuskan sering berbicara di depan umum, maka dengan rela hati Anda harus berusaha keras latihan. Jangan merasa bosan dan putus asa. Sebab pada dasarnya Anda nanti akan berhadapan dengan sesama manusia. Jadi mengapa mesti minder?

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here