Beranda Berita Warta Jepara Lomban Kembali Digelar, Bupati Andi Harap Tangkapan Ikan Melimpah Lagi

Lomban Kembali Digelar, Bupati Andi Harap Tangkapan Ikan Melimpah Lagi

0
0 0
Read Time1 Minute, 29 Second

WARTAJEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap kembali digelarnya pesta lomban akan membuat tangkapan ikan nelayan kembali melimpah. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di Jepara itu saat membuka pentas wayang kulit di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu, Jepara, Minggu (8/5/2022).

Harapan yang disampaikan oleh Bupati Andi ini merespon pernyataan Ta’at, sesepuh nelayan Jepara yang mengungkapkan jika selama 2 tahun pandemi, berpengaruh juga terhadap hasil tangkapan ikan yang minim.

“Tadi disampaikan jika selama pandemi ini hasil tangkapan nelayan ikut lesu. Semoga dengan kembali digelarnya semua rangkaian lomban, tangkapan ikan kembali maksimal dan melimpah ruah,” kata Bupati Andi.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Jepara memang kembali menggelar pesta lomban sebagiamana sebelum adanya pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini. Tahun ini rangkaian kegiatan lomban sudah melibatkan amsyarakat secara umum. Berbeda pada dua tahun ini yang dilakukan secara sederhana dan terbatas.

“Hanya saja saya minta agar masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama gelaran lomban ini,” tegasnya.

Bupati Andi juga berharap kegiatan larung kepala kerbau yang digelar Senin (9/5/2022) pagi sebagai puncak ritual lomban berjalan dengan lancar. “Semoga besok cuacanya baik sehingga larungan berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun,” harap Andi.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan itu berharap pesta lomban ini terus dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Jepara saja. Tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun ini harapannya menjadi magnet wisatawan untuk datang ke Jepara.

“Harapannya tidak hanya dikenal di Jepara, tetapi lomban harus dikenal luas ke berbagai daerah lain,” tandas Andi.

Seperti diketahui, pentas wayang kulit ini menjadi rangkaian kegiatan gelaran pesta lomban usai sebelumnya juga dilakukan ziarah ke makam Cik Lanang. Pesta wayang akan dilakukan semalam dan dilanjutkan besok hari usai kegiatan larungan kepala kerbau.

Pentas wayang kulit ini menghadirkan dalang Ki Sunyoto dan mengambil lakon Dewa Ruci. (Jambrong)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakSowan ke PP Muhammadiyah, Ganjar-Haedar Bahas UMKM sampai Politik Pertanian
Artikulli tjetërLapas Pati, Terpidana Teroris Ikrar Kesetian Kepada NKRI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini