Beranda Berita Pati Kampanyekan Computational Thinking, Biro Bebras IPMAFA Gelar Pelatihan di Perguruan Islam Darul...

Kampanyekan Computational Thinking, Biro Bebras IPMAFA Gelar Pelatihan di Perguruan Islam Darul Falah Sirahan Cluwak

0
0 0
Read Time1 Minute, 44 Second

WARTAPATI Sejumlah guru di Perguruan Islam Darul Falah Sirahan-Cluwak mengikuti pelatihan Computational Thinking yang dilaksanakan atas Kerjasama antara Perguruan Islam Darul Falah dengan Biro Bebras IPMAFA, pada Ahad (23/10/2022).

Adapun acara tersebut diikuti oleh 104 guru baik itu dari guru Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyyah, maupun guru Raudhatul Athfal. Acara ini dibuka secara seremonial di Aula Lembaga, setelah itu dibagi menjadi beberapa kelas kecil supaya pelatihan bisa lebih fokus. 

Hadir dalam acara ini yakni ketua Yayasan Pelita Desa Sirahan, Amkan L, Arwani, Direktur Perguruan Islam Darul Falah, Syamsuddin Sukahar, Kepala MA, MTS, MI Darul Falah, dan Kepala RA Masyitoh Sirahan, serta Wakil Rektor I Ipmafa, dan tim dari Biro Bebras IPMAFA.

Agus Syakroni selaku Koordinator Tim Biro Bebras IPMAFA menuturkan bahwa selepas acara pembukaan di aula madrasah, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian peserta menjadi beberapa kelas yang dipandu oleh 1 tutor dan 2 asisten dari Biro Bebras IPMAFA pada tiap kelasnya.

“Pelatihan di kelas dimulai dengan mengerjakan soal-soal dari Bebras Challenge. Para peserta pada awalnya ada yang kesulitan memahami soal pertama, namun pada soal-soal selanjutnya peserta sudah mulai memahami pola soal Tantangan Bebras”, ujar Agus.

Selanjutnya, acara diisi dengan game instruksi yang mana memberikan tantangan kepada peserta untuk membuat instruksi secara lengkap tapi singkat. Kemudian, para tutor memberikan brainstorming terkait kondisi SDM Indonesia, Revolusi Industri 4.0,Society 5.0, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity), dan pengenalan Computational Thinking sejak dini agar nantinya anak-anak bisa berkompetisi di masa mendatang .

“Para peserta diberikan cara untuk melakukan latihan-latihan Computational Thinking yang bekerjasama dengan Bebras Indonesia dan diberikan akses contoh-contoh soal Computational Thinking yang nantinya bisa digunakan oleh para guru untuk menerapkan Computational Thinking kepada para siswa”, jelasnya.

Dalam sesi terakhir dari pelatihan yaitu pengenalan permainan berbasis Computational Thinking seperti Scratch dan Blockly.games. Para peserta melakukan simulasi dengan membuat konten pada Scratch dan mengerjakan soal-soal pada blockly.games. Selain itu untuk menindaklanjuti acara, para peserta juga diberikan tugas untuk melakukan micro teaching penerapan metode dan soal-soal computational thinking, sebelum nanti para peserta mendapatkan sertifikat pelatihan. (ns)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakRayakan Hari Jadi ke-10, Relawan Kancane Ganjar Tetap Tegak Lurus Pada Ganjar Pranowo
Artikulli tjetërGanjar Bocorkan Strategi Penetapan Upah Minimum Jateng ke Disnaker se Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini