Home Info Pati Komunitas Gagego Organik Menjadi percontohan Petani Luar Pati

Komunitas Gagego Organik Menjadi percontohan Petani Luar Pati

Berita pati organik 3GO

Wartapati.com Pati – Sistem pertanian, olahan pangan hingga lingkungan organik dari komunitas Gagego Organik (3GO) Pati menjadi percontohan bagi petani di Kabupaten Tulungagung. Kunjungan kelompok korwil 3GO yang berasal dari luar Pati, Jumat dan Sabtu (18/19/1/2019) nantinya bisa menularkan terapan ilmu organik kepada petani-petani di Tulungagung Jawa Timur.

Satu anggota korwil 3GO dari Tangerang Selly Andayani mengatakan sangat banyak ilmu yang didapat dari kunjungan di pusat-pusat pengembangan organik yang ada di Pati. Selain itu, manajemen komunitas pun juga akan diterapkan bagi petani yang ada di Tulungagung.

“Waktu itu ada satu proyek di Tulungagung yang akan kami garap.  Kita pernah datang kesana dan belum tahu apa yang bisa kita garap. Sebenarnya banyak, seperti pengolahan belimbing dan lainnya yang sudah masuk ke perusahaan. Setelah itu kami dapat info tentang organik dari teman akhirnya mengunjungi 3GO Pati,” Kata Selly.

Baca Juga : delapan-siswa-bolos-jalani-pembinaan-fisik-satpol-pp-pati

Lanjut Selly, lingkungan organik merupakan masa depan kita sendiri, karenanya sebagai korwil Selly ingin belajar lebih jauh bagaimana menjalankan sistem organic secara bersama-sama dalam satu wadah komunitas.

“Kita ingin belajar dari gerakan 3GO sudah melangkah ke semua korwil seluruh Indonesia. Visi misi kita yang ingin membantu masyarakat di daerah Tulungagung dengan yang sudah dilakukan di Pati,” imbuh Selly.

Seperti satu bank sampah yang ada di Desa Kutoharjo kawasan kota yang dikelola Bambang. Perwakilan korwil 3GO bisa menimba ilmu tentang Program Kampung Iklim (Proklim) guna mendukung pertanian organik bagi petani Tulungagung.

Baca Juga : Relokasi, PKL Khawatir, Bupati Haryanto Menanggapi Merupakan Hal Yang Wajar

Sementara itu ketua 3GO Pati Eny Prasetyowati menjelaskan Proklim sendiri bisa diterapkan dimanapun dengan manfaat mengurangi efek pemanasan global yang sekaligus mendukung pertanian organik.

“Di Tulungagung belum sepenuhnya menerapkan pertanian organik. Bu Selly sudah lengkap mengunjungi pusat-pusat pengembangan organik 3GO yang ada di Pati. Kedepannya kami berdiskusi soal rencana kita kedepan,” pungkasnya.Nug

LIHAT Juga komunitas Gagego Organik (3GO) Pati menjadi percontohan Organik Ramah Lingkungan

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.