Beranda Berita Warta Jepara Pj Bupati Dukung Arsip Kartini Jadi Memory of The World Asia Pacific

Pj Bupati Dukung Arsip Kartini Jadi Memory of The World Asia Pacific

0
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto di Jepara, Selasa (12/7/2022). Jambrong/wartatimes
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto di Jepara, Selasa (12/7/2022). Jambrong/wartatimes
0 0
Read Time1 Minute, 38 Second

WARTAJEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mendukung penuh penominasian arsip RA. Kartini sebagai Memory of The World Asia Pacific. Dukungan ini disampaikan oleh Pj Bupati saat menerima kunjungan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto beserta jajarannya ke Jepara, Selasa (12/7/2022).

Rombongan ANRI diterima Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta di Ruang Command Center. Turut hadir mendampingi Plh. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Sapta Hermawati, Asisten Administrasi Umum Sekda Jepara Mudrikatun, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jepara Umar Chotob, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Tim juga menyempatkan melakukan kunjungan ke Pendapa Kartini termasuk ke tempat ruang pingit Kartini, tempat Kartini mengajar serta ke museum Kartini Jepara.

Edy Supriyanta mengatakan, dirinya menyambut baik yang sudah dilakukan ANRI. Penyelamatan dan penataan arsip tentang RA Kartini akan lebih baik serta memerlukan dukungan serta sinergitas antara ANRI dan Pemerintah Kabupaten.

Edy kemudian memerintahkan Kepala Diskarpus Jepara Umar Chotob untuk melengkapi dokumennya. Sehingga Kabupaten Jepara tidak hanya dikenal sebagai Kota Ukir, tetapi mempunyai Pahlawan Emansipasi Wanita, yaitu RA Kartini yang mendunia.

“Ini suatu kehormatan bagi Jepara. Mohon dukungan dari semua yang hadir. Kita akan segera lengkapi dokumennya,” terangnya.

Kepala ANRI Imam Gunarto menjelaskan, arsip Kartini akan menjadi penominasian Memory of The World Asia Pacific. Pihaknya telah melakukan riset bersama Unesco, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak 2020 lalu tentang sejarah RA Kartini. 

Menurutnya, Arsip Kartini bukanlah rekaman memori masa lalu yang kemudian terlupakan. Tetapi, merupakan catatan sejarah di masa lalu untuk kemajuan di masa depan.

Oleh sebab itu, pengelolaan arsip itu harus dilakukan dengan baik dan sesuai dengan undang-undang, sehingga rekaman kegiatan yang bernilai sejarah dapat terus dilestarikan. Maka, arsip tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai rujukan oleh para sejarawan, para penulis dalam  membuat narasi.

“Kami datang untuk Penominasian Arsip Kartini sebagai Memory of The World Asia Pacific. Untuk itu, kepada Pj. Bupati Jepara mohon bantuannya dokumennya, serta data dukung yang lain,” katanya. (Jambrong)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakPopda Jateng 2022 Dimulai, Ganjar; Semoga Atlet Pencatat Rekor Dunia Muncul Dari Sini
Artikulli tjetërDari Anak Pemulung hingga TKI Disekolahkan Gratis di SMKN Jateng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini