Beranda Berita Warta Jepara Cek Apotek dan Minimarket, Edy Supriyanta Pastikan Tak Ada Obat Sirup Terlarang...

Cek Apotek dan Minimarket, Edy Supriyanta Pastikan Tak Ada Obat Sirup Terlarang yang Dijual di Jepara

0
0 0
Read Time1 Minute, 15 Second

WARTAJEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta memastikan jika tidak ada obat sirop yang dilarang pemerintah dijual di Jepara. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di kota ukir itu usai melakukan tinjauan ke sejumlah apotek, minimarket hingga puskesmas, Selasa (25/10/2022).

“Alhamdulilah dari pantauan di sejumlah apotek dan minimarket tidak ditemukan obat sirup yang dilarang. Insyallah Jepara aman dari obat sirop yang dilarang,” kata Edy Supriyanta.

Tinjauan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari keputusan pemerintah pusat untuk menarik sejumlah obat utamanya obat sirop yang disinyalir dapat menyebabkan gagal ginjal akut bagi anak-anak.

“Sampai saat ini juga tidak ditemukan kadus gagal ginjal akut pada anak di Jepara. Saya cek ke rumah sakit dan puskesmas, alhamdulilah nihil kasus,” imbuh Edy.

Ditanya terkait kesiapan fasilitas kesehatan, Edy mengatakan Pemerintah Kabupaten Jepara sudah siap untuk menangani kasus gagal ginjal akut. Apabila diperlukan perawatan khusus akan dilakukan tindakan rujukan ke rumah sakit besar yang siap menangani.

Pihak puskesmas, apotek dan swalayan secara serentak mengaku bahwa beberapa obat yang sudah dilarang beredar telah disimpan dan ditarik sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. 

Obat yang telah ditarik nantinya akan diganti dengan obat jenis puyer dan tablet yang menurut BPOM lebih aman.

“Untuk stok obat puyer dan tablet sudah dipastikan aman. Apabila ada tempat yang menjual obat yang dilarang akan kita berikan sanksi,” tutup Edy.

Dalam tinjauan ini, Edy didampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Muh Ali beserta jajarannya serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Arif Darmawan. (Jbrng)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakAntisipasi Bencana, Bupati Kudus Pastikan Kesiapan Sarpras dan Personel Penanggulangan Bencana
Artikulli tjetërOptimalkan Zakat ASN, Sudah 665 Masjid dan 319 Musala Berhasil Dibangun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini