Beranda Berita Warta Jepara Bupati Andi Berharap Tak Ada Lagi Persoalan Terkait Pupuk

Bupati Andi Berharap Tak Ada Lagi Persoalan Terkait Pupuk

0
0 0
Read Time1 Minute, 21 Second

WARTAJEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap ke depan tidak ada lagi persoalan terkait pupuk di Kabupaten Jepara. Hal ini setelah berbagai masalah diurai dalam rapat koordinasi terkait distribusi pupuk tingkat Kabupaten Jepara di Ruang Video Conference, Senin (18/4/2022).

“Beberapa masalah yang muncul selama ini yakni harga pupuk subsidi yang lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) serta belum semua petani mendapatkan kartu tani. Padahal kartu tani merupakan instrumen utama penebusan pupuk bersubsidi,” kata Bupati.

Untuk itu, dirinya meminta kepada bank yang ditunjuk untuk melakukan pencetakan dan distribusi kartu tani ini segera menyelesaikan tugasnya. Sehingga pada musim tanam nanti tidak ada lagi persoalan.

Dari hasil evaluasi ini, kata Bupati Andi, dalam waktu dekat atau pada musim tanam berikutnya harapannya tidak ada lagi petani yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

“Sebenarnya selama ini tidak ada kelangkaan, sebab dari produsen Pupuk Indonesia menjamin stok pupuk mencukupi. Selama ini yang menjadi kendala hanya pada sistemnya saja sehingga para petani belum semua mendapatkan kartu tani,” imbuh Andi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Zamroni Lestiaza mengungkapkan saat ini kartu tani yang sudah tercetak sebanyak 64.736 kartu. Yang sudah terdistribusi sejumlah 56.394 buah dan yang belum terdistribusi sebanyak 8.342 kartu.

“Kita sudah melakukan berbagai strategi untuk percepatan penggunaan kartu tani. Diantaranya DKPP melalui PPL memastikan semua petani sudah terdaftar dalam e-RDKK,” kata dia.

Tahun ini, lanjut Zamroni, alokasi pupuk bersubsidi di Jepara yakni Urea sebanyak 14.981 ton, ZA 1000 ton, NPK sejumlah 7.979 ton, SP-36 sebanyak 6 ton, Organik Granul sebanyak 1.049 ton dan Organik Cair sejumlah 1000 ton.(jambrong)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Artikulli paraprakSeorang Pria Asal Randublatung Diamankan Petugas, Diduga Edarkan Narkoba
Artikulli tjetërSafari Ramadan, Bupati Andi Serahkan Bantuan dan Ajak Memakmurkan Musala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini