Beranda Berita Warta Jepara Berebut Gunungan, Warga Jambu Timur Ngalap Berkah

Berebut Gunungan, Warga Jambu Timur Ngalap Berkah

0
2 0
Read Time1 Minute, 25 Second

WARTAJEPARA – Warga Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, menggelar tradisi sedekah bumi (Sabtu, 01/07/2023). Acara arak-arakan ini dilakukan pertama kalinya dalam acara sedekah bumi, Ada 7 RW dan 33 RT yang melakukan kirab gunungan berisi hasil bumi, selain gunungan yang diarak di atas mobil bak terbuka, ada juga berbagai macam ogoh ogoh, dan kostum yang dikenakan warga untuk mengikuti prosesi kirab tersebut. 

Ribuan warga sangat antusias turut berpartisipasi ikut mengarak 50 gunungan dan 55 Tumpeng mulai dari balai desa Jambu Timur mengitari seluruh pelosok desa dan kembali ke balai desa selanjutnya untuk diperebutkan (dibagikan) warga di lapangan Desa Jambu Timur. sebagai tanda syukur atas melimpahnya habis panen.

Petinggi (Kepala Desa ) Jambu Timur, Muhammad Aris mengungkapkan ” Tradisi kirab gunungan dan tumpeng ini merupakan hasil semangat gotong royong warga, yang kita arak ini adalah hasil bumi dari kebun ataupun sawah warga, sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan yang diberikan ditahun ini”, Katanya saat melaksanakan kirab gunungan sedekah bumi

Aris menambahkan kirab ini merupakan tradisi atau budaya yang harus kita lestarikan dan juga dimanfaatkan untuk membekali masyarakat supaya lebih giat dalam bergotong royong dan saling kompak dalam memajukan desanya.

Saya berharap ” Kirab ini, membawa masyarakat Jambu Timur lebih maju dan perekonomian warga semakin meningkat ” ucap aris 

Gunungan yang diarak kemudian dibawa ke lapangan, semua warga berdoa atas rasa syukur kepada Tuhan YME dan selanjutnya jadi rebutan warga dan dimakan bersama. 

Sarkini, warga setempat mengaku sangat senang bisa mengikuti acara ini dan ikut berebut gunungan ” Alhamdulillah Ngalap berkah, saya mendapatkan beberapa sayuran, nanti akan saya masak ben berkah dan semoga kirab gunungan tahun tahun depan lebih meriah dan sukses ” ungkapnya sambil membawa sayuran hasil dari gunungan yang direbutnya. (Jambrong)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini