Home Berita Nasional Wujud Toleransi Warga Binaan, Lapas Pati Resmikan Gereja

Wujud Toleransi Warga Binaan, Lapas Pati Resmikan Gereja

berita pati hari ini
Peresmian Gereja Pengharapan Baru di kompleks Lapas Pati, Kamis (27/12/2018).

Wartapati.com Pati – Pemenuhan kebutuhan rohani bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Pati mendapat fasilitas tambahan. Yakni warga binaan beragama Nasrani bisa beribadah di Gereja Pengharapan Baru yang diresmikan pada Kamis (27/12/2018).


Peresmian Gereja Pengharapan Baru tersebut mencerminkan sikap toleransi antar warga binaan yang cukup tinggi.


Kalapas Pati Irwan Silais mengatakan terwujudnya tempat ibadah di komplek lapas ini atas komitmennya yang mendapat dukungan dari warga binaan.


Disisi lain, tingginya rasa toleransi antar warga binaan lapas dari pembinaan yang selama ini dilakukan petugas, menjadi satu faktor pendukung terwujudnya gereja harapan baru.


“Sebelum pembangunan gereja ini, sudah kami informasikan kepada umat muslim dan nasrani untuk rukun dalam melaksanakan ibadah meski beda agama. Kita beri masukan terus sehingga saling terbentuk toleransi,” papar Irwan Silais.


Lanjutnya, berawal dari gagasan satu warga binaan yang mengusulkan untuk pendirian gereja di kompleks lapas tersebut. Hanya saja pihak petugas lapas pada saat itu belum memiliki pendanaan yang cukup untuk mendirikan tempat ibadah.


“Ini terbukti bahwa lapas Pati sudah membangun gereja sendiri atas swadaya dari jamaah Nasrani baik yang di dalam dan luar lapas Pati,” imbuh kalapas.


Kalapas kelas IIB Pati Irwan Silais menuturkan jumlah warga binaan lapas beragama nasrani semakin bertambah, dari tahun 2014 terdapat 9 orang dan kini bertambah menjadi 20 orang.


“Pendeta nanti dari luar yang datang kesini (Gereja Pengharapan Baru) sesuai jadwal ibadah. Kalau dulu ada petugas lapas yang mengisi ibadah,” pungkas Irwan Silais.Nug

Jangan Lupa Lihat Vidio Keindahan gua Pancur



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.