Home Berita Nasional Wujud Keperdulian Kerukunan Umat Beragama Juwana Galang Dana Korban Bencana Sulawesi Tengah

Wujud Keperdulian Kerukunan Umat Beragama Juwana Galang Dana Korban Bencana Sulawesi Tengah

Wujud Keperdulian Kerukunan Umat Beragama Juwana Galang Dana Korban Bencana Sulawesi Tengah
Nugroho/wartapati penggalangan dana dari pelintas jalan KH Dewantoro, Juwana

Wartapati.com Juwana – Unsur ormas keagamaan di Juwana sepakat bersama menggalang dana untuk korban bencana alam yang ada di Sulawesi Tengah. Bahkan tenda yang merupakan pusat penggalangan dana itu berdiri selama delapan hari untuk memaksimalkan penggalangan dana dari pelintas jalan KH Dewantoro, Juwana.

Selama lebih dari sepekan berdiri, tenda dari Komunitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Juwana berhasil mengumpulkan dana ratusan juta. Tak hanya itu, makanan pokok berupa beras juga terkumpul sebanyak 3 ton dan 500 karton mie instan. Kebutuhan lain yang diperlukan korban bencana pun juga didapat dari donatur.

Ketua Komunitas FKUB Juwana Muhamad Sutopo mengatakan rencananya tenda tersebut berdiri hanya 7 hari. Namun selama berdirinya tenda itu, justru meningkatkan rasa kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga : Peringati Hari Habitat, Pelajar SMPN 1 Pati Daur Ulang Sampah

“Ya memang komitmen awal. Sehari tidak mungkin, dua sampai tiga hari tidak maksimal. Jadi kita seminggu.

Awalnya seminggu, namun dari unsur komunitas kita masih ingin bersama-sama. Sehungga disini terjalin kerukunan yang asyik,” kata ketua Komunitas FKUB Juwana, Rabu (10/10/2018).

Pemilihan tempat di jalan KH Dewantoro merupakan titik strategis bagi pelintas jalan di kawasan Juwana. Terlebih titik tersebut berdekatan dengan satu anggota Komunitas FKUB Juwana yang sangat dikenal dalam hal kemanusiaan.

Baca Juga : Tidak Hanya Kumpul Kumpul, Komunitas Panther Pati Juga Aktif Bakti sosial

“Dari sekian yang ikut pengurus, rumah yang dipandang paling strategis rumah Pak Supar yang dikenal aktif di bidang sosial. Dia senang hati,” imbuhnya.

Komunitas FKUB Juwana sendiri terbentuk dari warga sekitar. Terbentuknya komunitas itu atas dasar prihatin dengan isu-isu SARA dari luar yang masuk ke Juwana. Contohnya aksi unjuk rasa yang melibatkan anak-anak usia Taman Kanak-kanak beberapa waktu lalu.

“Adanya Komunitas FKUB Juwana, bisa meredam isu-isu tersebut. Justru kini semakin meningkat rasa kerukunan dari lintas agama yang bergabung,” pungkasnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.