Home Info Pati Woman Inspiration 3GO Pati Akar Rumput Pelopor Hidup Sehat Masyarakat

Woman Inspiration 3GO Pati Akar Rumput Pelopor Hidup Sehat Masyarakat

Woman Inspiration 3GO Pati Akar Rumput Pelopor Hidup Sehat Masyarakat
Istimewa/Wartapati. Pembuatan es krim berbahan dasar jagung beberapa waktu lalu oleh Woman Inspiration (WI) 3GO Pati.

Wartapati.com Gabus – Satu tim dari komunitas Gage Go Organik (3GO) Pati dengan julukan Woman Inspiration (WI) sebagai pelopor ‘akar rumput’ masyarakat untuk kembali hidup sehat dengan bahan dan olahan pangan alami.

Unsur kader yang tergolong lengkap, cukup untuk mengajak warga sekitar Pati kota memulai mandiri dengan membuat bahan serta mengolah makanan dengan cara sehat serta alami.

Seperti kader yang berasal dari pegawai Balai Latihan Kerja (BLK) daerah yang mahir mengolah makanan. Tak hanya itu kader dari Balai Lingkungan Hidup (BLH) juga berperan dalam mendaur ulang sampah atau limbah yang terdapat di sekitar tempat tinggal.

Baca Juga : Bupati Hafidz: Dana Desa Jangan Melulu Untuk Infrastruktur Tapi Juga Untuk Pengembangan Potensi Desa

Keahlian lainnya juga diajarkan warga Pati kota untuk mengolah pekarangan rumah menjadi lahan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ketua 3GO Pati Eny Prasetyoningsih mengungkapkan awal berdiri kelompok ini tidak memakai sebutan WI, melainkan dengan nama Tim Lapangan. Berlanjut dengan obrolan grup Whatsapp, maka berganti dengan julukan WI, dengan pertimbangan mayoritas dari kelompok adalah wanita. Selain itu sasaran WI adalah ibu-ibu wilayah perkotaan yang kerap berhubungan dengan pekarangan
rumah.

“Ini gerakan akar rumput kita langsung ke masyarakat-masyarakat. Kita tidak banyak teori yang tinggi-tinggi itu, yang penting ke masyarakat yang memang membutuhkan kita. Kaderisasi kan sudah seluruh indonesia,” kata Eny saat mengajarkan daur ulang sampah di Ponpes Al Ma’ruf Sugihrejo, Gabus baru-baru ini.

Meski tergolong baru berdiri sejak September tahun ini, namun kegiatan-kegiatan WI 3GO ini cukup mengena bagi warga Pati. Satu contoh olahan makanan berbahan dasar jagung menjadi es krim yang digemari semua kalangan.

“Kita memberi inspirasi bagi masyarakat untuk hidup yang sehat dari sisi olah pangan, pangan itu sendiri menanam di pekarangan. Itu skala WI menanam di pekarangan, tidak perlu di sawah atau
lainnya. Kan perkotaan yang bersentuhan dengan ibu perkotaan, pekarangan kita olah dengan tanaman sayur yang sehat tanpa pestisida. Olahannya kita tidak nambah bahan kimia sintetis, bahan pengawet dan perasa,” lanjut Ketua 3GO Pati.

Daur ulang sampah juga diajarkan kepada masyarakat, terutama soal manajemen bank sampah yang kini mulai digalakkan di daerah-daerah. Respon warga pun sangat antusias saat berbagi ilmu pengelolaan bank sampah tersebut.

“Di bank sampah Induk di Dukuh Gembleb Desa Kutoharjo Kecamatan Pati. Itu kegiatan kita kemarin, yang datang perwakilan daerah yang ada di Pati. Dari Gunungwungkal, Kayen dan lainnya,” katanya.

Kiprah mengajak sehat masyarakat dari WI 3 GO masih banyak lagi. Kelompok ini siap mengajak warga agar lebih meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi bahan pangan alami di setiap kegiatan, seperti perkumpulan dan arisan.

“Kita masuk ke arisan menawarkan produk sehat. Siapa saja yang mengundang kita siap. Produk 3GO sendiri berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan poktan, tapi dengan spesifikasi kita, tidak semua bisa masuk. Yang pakai MSG, pewarna kimia sintetis atau perasa buatan tidak bisa masuk,” pungkas Eny Prasetyoningsih. Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.