Home Pemerintahan Di Fasilitasi Muspika Warga Dan Kades Tegalharjo Bertemu Di Balaidesa Dan...

Di Fasilitasi Muspika Warga Dan Kades Tegalharjo Bertemu Di Balaidesa Dan Ini Hasilnya

SHARE
Warga Tegalharjo
Ilustrasi

Wartapati.com Trangkil – Warga yang meminta salinan APBDes Tegalharjo, Trangkil telah difasilitasi Muspika dalam pertemuan di Balaidesa setempat, Jumat (5/1/18) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Kades Tegalharjo, Pandoyo memersilahkan warganya untuk mengakses dokumen, namun ada beberapa dokumen yang bisa diaskes melalui rekomendasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen PPID serta rekomendasi dari Kepala Daerah.

Dikonfirmasi Sabtu (6/1/18), Kades Tegalharjo menjelaskan permintaan warganya terkait salinan APBDes, Rencana Anggaran Belanja (RAB) Pembanguna dan LKPJH 2015-2017. Pihaknya tidak bisa serta merta mengeluarkan dokumen tersebut untuk diakses umum mengingat adanya regulasi yang membatasi.

“Meminta salinan dari APBdes, RAB Pembangunan dan juga LPJ 2015-2017. Dari permintaan ini, kami sebagian dari sekian yang diminta tidak bisa memberikan. Karena ada aturan dan prosedur yang kami penuhi apabila memberikan dokumen tersebut,” terangnya.

Pihak desa memberi kesempatan warganya mengakses informasi sesuai dengan petunjuk teknis saat pelaksanaan APBDes melalui papan informasi monografis. Disamping itu, hal yang menyangkut pelayanan, pemerintahan dan kesejahteraan warga Desa Tegalharjo melibatkan lembaga pemangku kepentingan.

Kades pun meminta kepada narasumber untuk menyabut pernyataan di media massa terkait pemberitaan yang kurang tepat untuk menghindari keadaan yang kontraproduktif pelaksanaan pemerintahan desa.

Dari sisi pengawsan, Pandoyo memersilakan warga untuk seksama terlibat karena pihak pemerintah desa sudah memberi keleluasaan.

“Terkait pengawasan ini menjadi hal yang rancu, pemahannya apa itu pengawasan dan pemeriksaan. Perlu diluruskan pemahaman itu. Sehingga seolah-olah kami yang ada di pemerintah desa akan diperiksa semua orang. Kalau pemeriksaan kan lembaga yang ditunjuk resmi pemerintah,” terang Kades Tegalharjo.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.