Home Info Pati Urutan Ke-11 Rawan Bencana, Bupati Instruksikan Cepat Koordinasi Dengan Camat

Urutan Ke-11 Rawan Bencana, Bupati Instruksikan Cepat Koordinasi Dengan Camat

SHARE
Rawan Bencana
Nug/wartapati Bupati saat apel siaga di alun alun pati senin 11/12/2017

Wartapati.com Pati – Indeks resiko bencana Indonesia menyatakan Kabupaten Pati menempati urutan ke-11 dari 35 kota/kabupaten rawan bencana akibat faktor alam maupun non alam. Mengantisipasi hal itu, Bupati Instrusikan Kades cepat berkoordinasi dengan camat yang ada di daerah.

Sedangkan dari 400 kota/kabupaten se-Indonesia, Kabupaten Pati menduduki peringkat ke-153 dengan potensi rawan bencana.

“kepada Camat agar yang tinggal di wilayah, dalam menghadapi musim penghujan yang berpotensi bencana alam, karena camat ini tinggal di wilayah bisa mudah mengkoordinasikan lewat kapolsek, danramil dan kades,” tegas Bupati Pati.

Langkah cepat tersebut guna meminimalisir kerugiaan dampak dari bencana baik kerugian material mapupun non material.

Rawan Bencana
Nug/wartapati Komponen Relawan dalam apel siaga tanggap bencana senin 11/12/2017

“Ada beberapa pemetaan potensi bencana di Pati yang rawan banjir karena dilintasi sungai juwana menjadi pembuangan 26 anak sungai yang ada di Sungai Juwana. selain itu longsor, puting beliung dan kekeringan pada musim kemarau selama ini” ungkapnya.

Salah satu faktor penyebab bencana banjir hingga jebolnya tanggul air karena adanya tumpukan limbah kebun berupa potongan pohon pisang, bambu dan sisa kayu. Maka menghadapi puncak musim penghujan yang terjadi pada Desember 2017-Januari 2018 ini, masyarakat diimbau agar menjaga kualitas saluran air.

“Kesadaran masyarakat, melalui kepala desa agar tidak membuang sampah sembarangan baik di saluran air maupun sungai karena menyumbat aliran air. Berdampak pada tanggul jebol, nanti yang disalahkan Pemda,” Imbau Haryanto.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.