Home Wisata Unik, Ada Air Hangat Di Dalam Gua Pancur

Unik, Ada Air Hangat Di Dalam Gua Pancur

140
0
SHARE
Air Hangat Di Dalam Gua Pancur
Istimewa/wartapati. Forjip saat masuk ke Gua Pancur Pati

Wartapati.com Kayen – Ingin mencoba sensasi menyusuri gua pancur yang di dalamnya terdapat sungai. Gua  yang di dalamnya terdapat air mengalir dari tanah kapur di Kabupaten Pati bagian selatan menjadi sensasi baru memacu andrenalin .

Gua Pancur terletak di Kecamatan Kayen, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Pati.  Bagi wisatawan yang ingin menuju destinasi tersebut, bisa melalui jalur antar kabupaten dari arah Kudus atau Grobogan. Letaknya di Pati bagian selatan, memiliki nilai tambah tersendiri untuk tempat wisata.

Pati selatan terkenal dengan nuansa pedesaan dan karakteristik tanah kapur. Dari ke-khas-an itu membuat Gua Pancur memiliki keunggulan tersendiri yakni atap, dinding dan dasar terbentuk dari bebatuan kapur berwarna coklat muda.

Suasana semakin seru ketika wisatawan menyusuri air bersumber dari tanah kapur. Dasar gua tak seluruhnya dari bebatuan, namun juga terdapat pasir dari serpihan tanah kapur.

Selama menyusuri gua, wisatawan bisa menikmati stalagtit dan stalagmit yang membentuk indah di dalam gua. Di dalam lorong sepanjang 830 meter itu stalagtit dan stalagmite  masih aktif. Kondisi itu mampu memanjakan penyusur gua karena keindahannya yang berwarna putih dan berkemilau.

Di jarak sekitar 350 meter dari mulut gua, pengunjung akan menemukan sumber air hangat yang konon bisa menyembuhkan penyakit dan berkhasiat awet muda.

Selama menyusuri Gua Pancur, diwajibkan mendapat pendampingan dari pemandu. Jasa pendampingan itu termasuk pakaian keselamatan seperti helm, senter, pelampung, peluit dan sepatu boot.

Maka destinasi wisata Gua Pancur menjadi andalan lokasi wisata di Pati bagian selatan. Pengelolaan di tempat itu semakin berkembang dengan penambahan fasilitas permainan. Seperti embung yang digunakan sebagai wahana permainan air dan bumi perkemahan yang terletak di timur gua.

“Ini salah satu destinasi wisata unggulan di Pati selatan. Perkembangan signifikan sekali, database dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) semakin meningkat karena digemari wisatawan lokal atau luar kota terutama susur gua,” kata Kepala Dinporapar melalui Kabid Destinasi Wisata, Sutopo, Sabtu (28/4/2018). NUG


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here