Home Berita Nasional Tsunami dan Gempa, ini yang Harus Diperhatikan Warga Pesisir Pati

Tsunami dan Gempa, ini yang Harus Diperhatikan Warga Pesisir Pati

berita pati hari ini
Ilustrasi

Wartapati.com Pati – Maraknya pemberitaan soal bencana alam berupa gempa dan tsunami menjadi perhatian tersendiri bagi warga pesisir Kabupaten Pati.


Terlebih bencana tersebut hadir pada musim penghujan kali ini di akhir tahun dan liburan sekolah, dimana warga kerap berwisata di pantai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Sanusi Siswoyo menjelaskan bencana gempa dan tsunami belum terdeteksi untuk pesisir Banyutowo sampai Kecamatan Batangan.

“Sepanjang 60 kilometer itu. Hanya saja karena cuaca ekstrim maka warga sekitar perlu mewaspadainya terutama keselamatan entah itu melaut, beraktifitas sehari-hari dan berwisata bagi yang ingin berkunjung ke pantai,” katanya, Rabu (26/12/2018).

Meski relawan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah bersiaga di daerah yang rawan bencana itu, namun lebih baik apabila warga mempersiapkan alat pendukung keselamatan.

“Misal pelampung bagi nelayan kalau ada hal yang tidak diinginkan ketika melaut. Peningkatan gelombang air laut setengah sampai satu  meter,” papar Sanusi.

Lanjutnya, nelayan setempat bisa melihat informasi dari grup media sosial paguyuban nelayan atau informasi dari Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdalops).

“Jadi sebelum berangkat nelayan bisa melihat WA dulu,” tambah Kepala BPBD. NUG

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.