Home Info Pati Trotoar Berujung Saluran Air, Bahayakan Pengguna

Trotoar Berujung Saluran Air, Bahayakan Pengguna

SHARE
trotoar berbahaya
Nug/wartapati trotoar berbahaya

Wartapati.com Margorejo – Trotoar di jalan Pati Kudus yang terputus langsung ke saluran air dinilai berbahaya. Terlebih bagi penyandang disabilitas. Bahkan tidak ada penanda apapun yang mengisyaratkan pengguna trotoar harus berhenti.

Baca juga: Tahun Politik Ramai Kunjungan Ke Ponpes, Apa Harapan Gus Umar

Tinggi trotoar sekitar 50 cm ditambah kedalaman saluran air sekitar 1 meter itu berada sisi selatan jalan Pantura di Kabupaten Pati. Tepatnya disekitar kantor Badan Urusan Logistik (Bulog).

Kondisi demikian membuat pengguna trotoar ekstra hati-hati. Terlebih bagi tuna netra yang melintas meski terpasang keramik khusus sebagai jalur penyandang disabilitas.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia ( PPDI) Pati, Suratno mengungkapkan kekhawatiran terhadap anggotanya ketika menggunakan fasilitas itu. Ujung trotoar yang tidak ada penanda apapun, dikawatirkan membuat celaka tuna netra.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pati yang sudah  memperhatikan kami, meskipun saya rasa masih banyak kekurangan-kekurangan. Jalan itu sangat berbahaya untuk tuna netra. Putusnya jalan itu tidak disrertai tanda-tanda kalau itu sudah habis atau terputus. Bisa-bisa kalau dilewati langsung masuk gorong-gorong,” katanya kepada Wartapati.com, Sabtu sore (17/2/2018).

Baca juga: Gubernur NTB Kunjungi GUs Umar, Kajen

Trotoar yang terlalu tinggi dirasa menyulitkan pemakai kursi roda. Baik ketika hendak naik maupun turun dari trotoar.

“Harusnya diuji coba dulu, sudah layakkah atau belum trotoar itu untuk tuna netra. Karena yang tahu nyaman tidaknya itu teman-teman tuna netra sendiri. Terus ada lagi, untuk penguna kursi roda juga belum terakses. Harapan kami supaya dilakukan uji coba dulu,” kata Suratno. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.