Home Berita Nasional TPI Juwana Dipersiapkan menjadi TPI Higienis Pernuhi kualitas Ekspor

TPI Juwana Dipersiapkan menjadi TPI Higienis Pernuhi kualitas Ekspor

SHARE
TPI Juwana
Nug/Wartapati. Pembangunan TPI I Higienis

Wartapati.com Juwana – Mutu ikan hasil tangkapan nelayan Pati agar meningkat dan memenuhi kualitas ekspor, maka pemerintah pusat menggalakkan pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Higienis tidak terkecuali TPI Juwana.

“Jadi ikan yang ada di TPI Juwana ini ditujukan bukan hanya pemasaran lokal, namun juga ekspor. Maka sarana dan prasana harus disipakan agar mutu ikan terjaga,”kata kepala TPI melalui Kaur Lelang, Suratman, Sabtu (30/12).

Selain itu, program tersebut memersiapkan TPI Juwana siap berkompetisi dengan TPI lain. Diharapkan dari terlaksananya program itu, mampu mendongkrak pendapatan melalui datangnya penjual (bakul) ikan.

“Adapaun nanti bakul yang dari luar Pati, seperti Jakarta bisa ke TPI ini. Karena TPI sudah higienis dan bersih, siap berkompetisi dengan TPI lain,” terangnya.

Melalui bantuan dari APBD Pati, pihak TPI sementara ini menempati gedung bantuan dari Dinas Kelautan Pati. Sedangkan sarana dan prasarana, kata Suratman, tengah tahap perbaikan drainase dan tempat parkir.

“kedepan nanti ada penambahan (sarana) lagi demi terwujudnya TPI Higienis I,” imbuh Kaur Lelang TPI I Juwana.

Dari sisi penjualan ikan, terangnya terdapat perbedaan,terutama proses lelang. Penerapan lelang ikan di TPI I Higienis akan menggunakan sistem sampling, dimana bakul menawar ikan dengan harga yang tertinggi. Sehingga ikan yang terjual, langsung masuk ke termagon dalam kondisi segar.

“Selama ini kami menerapkan lelang terbuka.  Lelang sampling ini baru rencana terapkan per Januari 2018 sudah mulai sosialisasi tentang lelang sampling,” pungkasnya.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.