Home Berita Nasional Tiga Poin Ini Membuat Kabupaten Pati Unggul

Tiga Poin Ini Membuat Kabupaten Pati Unggul

SHARE
Kabupaten Pati Unggul
Nug/Wartapati. Anggota komisi A DPRD Pemalang dan anggota Komisi A DPRD Pati usai kunjungan kerja, Rabu siang (25/7/2018).

Wartapati.com Pati – Tiga aspek atau poin yang dimiliki Kabupaten Pati dinilai lebih unggul oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Pemalang. Hal itu diungkapkan ketika Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komisi A Kabupaten Pemalang ke DPRD Pati, Rabu (25/7/2018).

Wakil ketua Komis A DPRD Pemalang, Masrukin mengatakan aspek pengelolaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Pati ditunjang dengan postur Anggaran Pendapatan Daerah (APDB) yang bagus.

Baca juga: Penyidikan Kasus Pembunuhan Di Pati Libatkan Pihak Rumah Sakit Jiwa

“Untuk belanja langsung dan belanja tidak langsungnya ternyata Pati lebih bagus karena belanja langsungnya sudah 36% dan itu diarahkan untuk prioritas itu UMKM, pariwisata dan perikanan,” tuturnya.

Aspek reformasi birokrasi kota Bumi Mina Tani menjadi pertimbangan Wakil Ketua Komisi A DPRD Pemalang dalam menata Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK).

“Kami bisa belajar dari sini masalah penataan dengan SOTK baru. Sehingga ternyata Pati sudah bisa mengarah kepada miskin struktur kaya fungsi,” imbuh Masrukin.

Hal lain yang menjadikan Kabupaten Pati lebih unggul ialah rencana pembentukan Korporasi Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Masrukin mengatakan saham dari masing-masing desa sebanyak 25 juta rupiah, hal itu jika dikumpulkan dari 400 desa menjadi korporasi maka tersedia modal yang cukup besar.

“Dikalikan 400 desa maka korporasi itu modalnya cukup besar, dan mungkin akan bisa menjadi suatu perusahaan yang dimiliki oleh desa di Pati ini menjadi perusahaan yang maju. Yang tentunya kembali kepada desa dan rakyatnya masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga: Cara Jitu Polres Pati Tingkatkan Keamanan Desa

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Pati, Adji Sudarmadji merasa perlu tukar ilmu yang dimiliki Komisi A DPRD Pemalang, yakni penerapan E-voting pemilihan Kades.

“terkait dengan mengapa pemilihan kepala desa, karena yang unik di sana, pemilihan kepala desa E-voting. Cuma E-voting nya itu tidak serentak dan itu saya pernah berkomunikasi dengan Kemendagri, bolehkah serentak dalam satu hari,”kata Adji. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.