Home Politik Tidak Serahkan Laporan Dana Kampanye, Parpol Dicoret Dari Peserta

Tidak Serahkan Laporan Dana Kampanye, Parpol Dicoret Dari Peserta

Nug/Wartapati. Ketua KPU Pati, M. Nasich.

Wartapati.com Pati – Parpol yang tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dipastikan dicoret dari daftar peserta pemilu 2019. Hal itu ditegaskan Ketua KPU Pati, M. Nasich saat sosialisasi dan bintek kampanye di Merdeka Hotel, Rabu (12/9/2018).

“Di ketentuan PKPU 23/2018 yang diperbaharui ke PKPU 29/2018 ada ketentuan jika parpol tidak menyerahkan LADK maka akan dibatalkan sebagai peserta pemilu. Inikan juga bahaya kalau tidak disampaikan, maka parpol lebih dulu menyiapkan,” ujarnya kepada Wartapati.com.

Nasich mengatakan pada 20 September mendatang, pihaknya akan menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT). Maka parpol sebagai peserta Pemilu agar lebih awal mempersiapkan LADK dalam kurun waktu 9 hari mulai dari Rabu ini.

“Nah ini kami sampaikan lebih awal ke parpol agar mempersiapkan diri. Waktu yang tinggal 9 hari ini tidak panjang, teman-teman parpol harus menyusun,” imbuh Ketua KPU Pati.

Ketentuan nominal yang diatur dalam PKPU adalah sumbangan dari perseorangan tidak lebih dari 75 juta rupiah dan korporasi yang berbadan hukum maksimal 350 juta rupiah. Tak hanya itu aliran dana sumbangan tidak diperkenankan dari BUMN, BUMD dan asing. Maka harus jelas jumlah nominal dan sumber dana untuk kampanye.

Nasih mengaku peraturan kampanye Pemilu tahun depan cukup rumit karena tak hanya Pilpres, melainkan Pileg DPR, DPRD dan DPD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Terkait tempat kampanye, KPU Pati akan lebih lanjut berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Sebetulnya hampir sama, namun ini lebih banyak karena ada presiden, pileg DPR, DPRD DPD provinsi dan kabupaten. Ini cukup rumit nanti dijelaskan tim yang menjelaskan di bintek ini. Terkait dengan tempat, kami koordinasikan,” imbuh Nasich.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.