Home Info Pati Pendidikan Terkendala Jaringan Internet, Tidak Semua SMP Di Pati Laksanakan UNBK

Terkendala Jaringan Internet, Tidak Semua SMP Di Pati Laksanakan UNBK

63
0
SHARE
SMP Di Pati
gambar ilustrasi

Wartapati.com Pati – Belum semua Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat di Kabupaten Pati melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun 2018 ini. Masih ada dua SMP di Pati yang belum menerapkan UNBK tahun ini.

Yang menjadi kendala dua sekolah tersebut bukan karena sarana dan prasarana (sarpras) sebab komputer dan gedung sudah tersedia di sekolah tersebut. Hambatannya karena jaringan internet yang belum menjangkau sekolah.

Baca juga: Selain Hemat Pakan Ternak, Bisnis Azolla Belum Banyak Dilirik

“Tinggal 1 untuk yang negeri itu di SMP Negeri 2 Sukolilo ditambah Sekolah Satu Atap (Satap), dan SMP terbuka yang memang tidak memungkinkan untuk sarana dan prasaranya yang belum mencukupi,” jelas Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Pati, Suwarno, Senin (16/4/2018).

Kedua SMP itu sementara ini masih menerapkan Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK).

Lebih dari itu, Suwarno mengaku sudah menyiapkan seluruhnya terkait pelaksanaan UNBK dan UNPK tingkat SMP sederajat. Termasuk antisipasi jika terjadi kendala saat pelaksanaan berlangsung.

“Tinggal pelaksanaan dan penyelenggaraannya saja, karena sarana prasarana telah dipersiapkan semuanya. Seperti yang IT sudah disiapkan semua, kemudian untuk antisipasi listrik kalau mati gensetnya juga sudah disiapkan. Operatornya juga berkali-kali dilatih, murid-muridnya juga sudah berkali-kali dilatih untuk mengerjakan soal berbasis komputer. Sehingga, tidak ada masalah,” tuturnya.

Baca juga: Budidaya Aquaponik, Bisnis yang Menggiurkan

Dengan persiapan yang sudah matang itu, pihaknya yakin bahwa pelaksanaan UNBK dan UNPK berjalan sesuai mekanisme. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here