Home ReneGo Sukses Gelaran Widji, Teater Minatani Lanjutkan ke Kudus

Sukses Gelaran Widji, Teater Minatani Lanjutkan ke Kudus

Teater Minatani`

Wartapati.com Pati – Sukses dengan gelaran teater dengan naskah Widji, Kelompok Teater Minatani bakal gelar karya tersebut di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu malam, 9 Desember 2017.

Tak hanya gelaran teater yang memukau penonton karena lakon dengan memaikan peran, diskusi budaya juga akan disajikan sebagai ajang silaturahmi bertukar ilmu.

Lakon Widji sebagai andalan cerita teater yang dipentaskan di Gedung Juang 45 Pati pada Selasa malam (21/11) diadaptais dari naskah Buried Child karya Sam Shepard yang diterjemahkan langsung oleh Lacahya, anggota Teater Minatani.

“Ini menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi kami. Bila biasanya kami menggarap naskah karya anggota sendiri, kini kami mencoba untuk berproses dengan karya orang lain yang tentu memiliki tingkat kesulitan serta karakter yang patut kami pelajari,” ujar Siwi Agustina, ketua Teater Minatani.

Lebih dari itu, sisi sosial budaya justru yang lebih penting untuk diperhatikan. Fenomena saling curiga dan adu domba bahkan sudah terjadi jauh sebelum pabrik tambang berdiri. Kehadiran gemerlapnya budaya kota juga rentan membawa masuknya budaya asing dan melunturkan budaya lokal.

“Meski dalam naskah ini diceritakan dalam konteks keluarga. Namun bisa disadari bahwa keluarga adalah gambaran terkecil dari masyarakat, kata Beni Dewa, sutradara lakon Widji.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.