Home Politik Tahun Politik Ramai Kunjungan Ke Ponpes, Apa Harapan Gus Umar

Tahun Politik Ramai Kunjungan Ke Ponpes, Apa Harapan Gus Umar

SHARE
tahun politik
redaksi/wartapati Gus Umar bersama Gubernur NTB

Wartapati.com Margoyoso – Tahun politik dimana pesantren kerap menjadi kunjungan bakal atau calon pemimpin. Seperti ponpes Raudlatul Ulum, Kajen Margoyoso yang menerima kunjungan Cagub Jateng dan Gubernur Nusa Tenggara Barat dalam Minggu ini.

Lalu apa harapan pihak pesantren? Gus Umar yang menerima kunjungan pejabat  berharap keluarga besar pesantren bisa semakin dewasa menyikapi politik saat ini.

Baca juga: Gubernur NTB Kunjungi GUs Umar, Kajen

“Karena Pesantren memang salah satu pilar kekuatan kaum nadhliyin yang notabene adalah mayoritas muslim Indonesia,” kata Gus Umar, Sabtu sore (17/2/2018).

Pesantren sebagai akar kultural pembangunan bangsa. Perumpamaan akar, menurutnya, terbukti dari sisi akademis (penelitian) dan orang berpengalaman, menyatakan bahwa pesantren memiliki kekuatan kultural yang luar biasa.

Kunjungan bakal pemimpin itu memupuk kepercayaan diri santri dan pengasuh Ponpes.

Baca juga: Sowan Kyai Muda Kajen Ganjar Bahas UMKM

“Karena merasa ada tokoh muda dari kalangan pesantren yang bisa mewakili suara dan cita-cita pesantren untuk penguatan kedaulatan negara Indonesia dengan basis nilai-nilai Pesantren berdasarkan ajaran pokok Islam rahmatan lil alamin,” imbuh Gus Umar.

Imbauan dari kunjungan bakal Pemimpin, Gus Umar mewanti-wanti agar pesantren tidak terjebak pada kepentingan politik sesaat, seperti bantuan pendanaan yang dirasa memberi manfaat namun tidak luas.

“Harapannya pesantren agar lebih berpikir pada kepentingan umat karena ulama urusannya adalah umat, kalau Umaroh urusannya adalah rakyat,” pungkas kyai muda asal Pati. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.