Home ReneGo Sungai Simo Rawan Banjir Mulai Dibersihkan

Sungai Simo Rawan Banjir Mulai Dibersihkan

Wartapati.com. Juwana – Sungai Simo dengan panjang 8 kilometer di kawasan Pati timur mulai dibersihkan warga bersama pemerintah daerah, Jumat pagi (23/11/2018).

Pembersihan itu bertepatan dengan peringatan ke-47 Hari  Korpri. Pembersihan ini menggandeng aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Pati.

Sungai Simo menjadi satu titik utama aliran sungai di Pati. Terlebih sungai tersebut berdekatan dengan muara yang mengalirkan air dari pegunungan menuju muara.

Baca JugaMemanfaatkan Tumbuh Tumbuhan Sekitar Rumah Menjadi Nilai Plus Batik Pati Kidul Ini

Musim kemarau yang panjang membuat sungai tersebut kering sehingga tampak dasar saluran sungai. Semak-semak tumbuh subur di dasar sungai Simo yang nantinya bisa menghambat aliran sungai ketika musim hujan.

Menyikapi itu, para ASN ini didorong Pemkab untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana.

“Saya bahkan membuat surat edaran kepada camat agar menginstruksikan untuk membersihkan saluran air dan sampah yang ada di sekitar,” tutur Bupati Pati Haryanto saat apel siaga Bencana di Lapangan Gadingrejo Jalan Pati-Juwana, pagi ini.

Bupati juga mengimbau bagi masyarakat untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan terlebih yang berdekatan dengan Sungai Simo.
“Karena Kalau hanya mengandalkan tenaga kebersihan dan tenaga pengairan dari DPU, saya rasa sangat tidak mampu karena sampah ini menumpuk sangat banyak sekali apalagi ini musim kemarau cukup panjang mulai Mei sampai sekarang otomatis sampah menumpuk banyak sekali,” terangnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.