Home Info Pati Sudut Ruangan Ini Jadi Surga Ilmu Anak Desa Pangkalan, Margoyoso

Sudut Ruangan Ini Jadi Surga Ilmu Anak Desa Pangkalan, Margoyoso

SHARE
Desa Pangkalan, Margoyoso
Nug/wartapati. Anak kelas V SD datang ke Perpustakaan Desa Pangkalan, Margoyoso untuk menambah ilmu

Wartapati.com Margoyoso – Deretan buku berjajar rapi di rak salah satu ruang kerja perangkat Desa Pangkalan, Margoyoso, Pati. Sudut ruangan itu memang multi fungsi, pasalnya selain sebagai tempat kerja perangkat dan staf, sudut itu kerap dikujungi anak-anak usia SD untuk membaca. Bisa dikatakan sudut tersebut menjadi perpustakaan kecil bak surga ilmu bagi pelajar desa setempat.

Baca juga: Pupuk Kerukunan Umat, Gusdurian Pati Rencana Bagi Takjil Ramadhan

Deretan buku baik fiksi maupun non fiksi yang berbaris seakan-akan menarik perhatian anak-anak sepulang sekolah. Benar saja, sebagian buku yang tertata rapi kerap berpindah tempat menemani pelajar. Banyak manfaat yang diperoleh dari buku ketika anak-anak desa membacanya.

Siswa yang berminat membaca tak segan memilih tempat duduk dan meja milik perangkat desa. Pasalnya tidak ada tempat lagi untuk membelai halaman demi halaman kitab yang di ada ditangan.

Meski harus berbagi tempat dengan mesin ketik dan tumpukan buku di atas meja pemilik, para anak tak merasa canggung. Mereka tetap menikmati paragraf yang tertuang di lembar halaman kertas.

Meski menempati salah satu sudut di ruang kerja perangkat desa, namun fasilitas penunjang kenyamanan pembaca tetap menjadi prioritas utama. Bisa dikatakan ruangan itu tak terlalu luas, namun keberadaan tempat yang bersih sangat menunjang proses membaca anak-anak.

Ditambah ada pendingin ruangan, memberi rasa nyaman pengunjung Perpustakaan Desa Pangkalan, Margoyoso.

Pelajar kelas V SD Negeri Pangkalan, Jesya bersama tiga temannya sengaja berkunjung ke perpustakaan desa. Mengunjungi sudut ruangan itu kerap dilakukan sepulang sekolah meski harus merasakan terik matahari.

Dengan berjalan kaki, Jesya bersama teman-temannya tak surut semangat menuju perpustakaan kecil untuk sekedar menambah pengetahuan. Sajian buku di rak itu sesuai selera bacanya, yakni buku berjenis fiksi dan non fiksi.

Baca juga: Jika THR Molor, Bisa Adukan Ke Posko Disnakertrans Pati

“Sering setelah pulang sekolah baca buku disini, yang dicari buku pelajaran dan cerita, mudah untuk menemukan disini,” katanya, Sabtu (26/5/2018).

Koleksi kitab perpustakaan desa Pangkalan itu hampir seribuan buku, bisa dikatakan lengkap untuk perpustakaan yang hanya memiliki empat rak buku. Di sisi dinding terpasang penghargaan dari perpustakaan seru, menunjukan bahwa perpustakaan sudut ruang ini pernah menorehkan prestasi salah satu program perpustakaan masa kini. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.