Home Teknologi SMK Kesuma Margoyoso, Melalui  Schoolmart Siswa Belajar Kewirausahaan Langsung

SMK Kesuma Margoyoso, Melalui  Schoolmart Siswa Belajar Kewirausahaan Langsung

berita pati smk kusuma margoyoso
Nug/Wartapati. Peresmian schoolmart SMK Kesuma Margoyoso Pati, Kamis (15/11/2018).

Wartapati.com Margoyoso pati– Pendidikan kewirausahaan siswa-siswi SMK Kesuma Margoyoso dipraktekkan langsung melalui unit schoolmart. Tampilan toko modern yang terletak di kompleks SMK Kesuma bisa secara langsung memupuk jiwa kewirausahaan dari murid.

Schoolmart diresmikan pada Kamis (15/11/2018) dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jateng Sunoto, pengurus Yayasan Kesuma Margoyoso dan partner perusahaan SMK Kesuma.

Kepala Sekolah Susanto mengatakan kementrian sudah mendorong SMK-SMK untuk mengembangkan kewirausahaan. Hal itu menjadi kesempatan bagi pihak SMK Kesuma untuk menekuni bidang kewirausahaan untuk siswa-siswinya.


Baca Jugakejuaraan pencak silat di SMA 3 Pati diikuti 180 pesilat dari 21 kontingen

“Peningkatan kewirausahaan di sekolah masing-masing. Karena kami kejuruan jadi harus mengembangkan kewirausahaan. Ini menunjukan keberpihakan negara untuk mengembangkan kewirausahaan. Kami tergerak dan berbenah,” terangnya.

Selama enam tahun memimpin SMK yang terletak di jalan Pati-Tayu, Susanto berniat agar siswa dan alumni bangga terhadap instansi pendidikan yang mencetak tenaga kerja unggul di bidangnya. Berangkat dari hal itu, segenap jajaran pendidik SMK Kesuma terus berinovasi meningkatkan kualitas pelajar.

berita pati smk kusuma margoyoso
Nug/Wartapati. Peresmian schoolmart SMK Kesuma Margoyoso Pati, Kamis (15/11/2018).



“Yang pertama terkait dengan perekrutan tenaga kerja, yang terlibat dalam hal ini hampir semua adalah anak-anak kami, alumni yang ada di SMK Kesuma. Dan yang kedua juga memupuk jiwa kewirausahaan. Kalau mengandalkan untuk masuk ke perusahaan tidak akan pernah sampai. Apalagi survey di BPS bahwa SMK menyumbang pengangguran cukup besar,” katanya.

Kemunculan schoolmart diharapkan menjadi tulang punggung untuk memandirikan SMK Kesuma. Lanjutnya, bantuan dari pemerintah sangat berpengaruh dengan kelangsungan suatu sekolah, namun pihaknya tidak ingin selamanya bergantung dengan bantuan. Melainkan mandiri dengan mengembangkan unit-unit yang ada di sekolah.

“kalau ini sukses kami akan kembangkan di tempat lain agar mampu membiayai operasional di sekolah kami,” pungkas Susanto.nug/tg

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.