Home Berita Nasional Setiap Hari Kaum Disabilitas Sambangi KPU Pati, Ada Apa?

Setiap Hari Kaum Disabilitas Sambangi KPU Pati, Ada Apa?

SHARE
Kaum Disabilitas Sambangi KPU Pati
Nugroho/wartapati.Penyortir dan pelipat Surat Suara di Aula KPU Pati

wartapati.com Kaum Disabilitas Sambangi KPU Pati – Kalangan disabilitas terlibat aktif dalam proses Pilkada Pati. Tak hanya sebagai sasaran dalam momentum sosialisasi dan simulasi pemungutan serta penghitungan suara, penyandang cacat fisik ini belakangan aktif menyambangi kantor KPU.

Setidaknya dalam empat hari, sejak Senin (16/1) hingga Kamis (19/1) sebagian dari mereka nongkrong di kantor penyelenggara Pemilu tersebut.  Mereka juga berbaur dengan puluhan orang normal dalam mempersiapkan logistik Pilkada 2017.

Baca Juga :  Dua Periode Jabat KPPS, KPU: Laporkan !!!!

“Dalam penyortiran dan pelipatan suara kami juga melibatkan teman-teman disabilitas. Ada empat orang yang ikut membantu menyelesaikan pekerjaan itu,” ujar Komisioner KPU Pati Supriyanto, Selasa (17/1).

Pelibatan mereka bukan tanpa alasan. Supiyanto menyebut, kalangan disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang perlu mendapat pelayanan dan perlakuan sama dengan orang normal.

“Kebetulan kami sedang punya pekerjaan yang melibatkan orang banyak, dan teman-teman disabilitas ingin ikut membantu. Ya kami terbuka saja dan justu merasa terbantu,” katanya.

Ketua Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Pati Suratno mengaku bangga dapat dilibatkan dalam proses persiapan Pilkada. Ini merupakan pengalaman baru bagi mereka lantaran sebelumnya kesempatan itu jarang didapatkan.

Supriyanto menjelaskan, dalam penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 80 pekerja borongan, termasuk empat penyandang disabilitas. Mereka direkrut dengan sistem tertutup demi keamanan.

“Memang kami tidak merekrut tenaga itu secara terbuka karena ingin memaksimalkan fungsi kontrol dan kendali. Karena logistik berupa surat suara butuh penanganan khusus dengan melibatkan orang-orang terpercaya agar tidak bermasalah,” tandasnya.

Perekrutan pekerja itu dilakukan oleh para komisioner dan staf KPU. Mereka memilih pekerja yang dapat dipercaya kejujurannya.[Nug/&]

Comments

comments