Home Berita Nasional Selain Hemat Pakan Ternak, Bisnis Azolla Belum Banyak Dilirik

Selain Hemat Pakan Ternak, Bisnis Azolla Belum Banyak Dilirik

596
0
SHARE
Nug/wartapati Bisnis Azolla Belum Banyak Dilirik

Wartapati.com Margorejo – Banyak masyarakat kita yang belum tahu segudang manfaat dari tanaman Azolla. Bahkan banyak yang menganggap tanaman golongan paku air ini sebagai gulma atau tanaman pengganggu bagi petani. Tak jarang justru disingkirkan karena dapat merusak pertumbuhan tanaman utama.

Namun dari tanaman  yang dianggap gulma oleh sebagian petani ini justru mendatangkan banyak manfaat bila dibudidayakan. Pembudidayaan tanaman hijau yang mengapung ini tergolong mudah alias tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Puluhan Gerobag Sampah Dianggarkan Disperindag Pati Tahun 2018

Kandungan gizi yang diperlukan ternak disimpan pada tanaman berdaun tumpang tindih ini. Mulai dari nitrogen, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, klorofil, gula, mangaan, karbohidrat, lemak, serat kasar, vitamin B dan beta karoten.

Dari semua kandungan itu dirasa sangat kompleks dan cocok dikonsumsi ternak mulai dari unggas, mamalia hingga ikan perairan tawar. Bagi unggas berguna bagi pertumbuhan fisik serta meningkatan produksi telur.

Untuk hewan jenis mamalia seperti sapi dan kambing, azzola bermanfaat menigkatkan 15 persen produksi susu. Keuntungan lainnya adalah menghemat waktu karena tidak perlu mencari rumput dan menghemat biaya pakan utama.

Selain kebutuhan konsumsi gizi yang kompleks, azolla berperan menjaga kondisi air yang dibutuhkan ikan air tawar untuk media budidaya.

Komunitas Gagego Organik (3 GO) Pati membuktikan sendiri melalui ikan lele yang dibudiayakan. Ikan lele yang mengonsumsi azolla akan terlihat padat dengan tekstur daging kenyal.

“Nah kalau orang vegetarian itu tidak gemuk tetapi langsing bagus. Nah ini ikannya langsing, tapi berisi. Itu semakin bersih,” terang tim riset 3 GO, Teguh saat memamerkan hasil budidayanya di Pati Tourism Expo di Pasar Pragola Pati, Sabtu (7/4/2018).

Baca juga: Budidaya Aquaponik, Bisnis yang Menggiurkan

Teguh mengatakan, hanya dengan lima kilogram azolla seharga 10 ribu rupiah, akan berlipat ganda menjadi 10 kali lipat dalam waktu satu minggu. Media pemrtumbuhannya pun hanya menggunakan air biasa, tidak memerlukan sirkulasi.

“Saat ini belum banyak yang membudidayakan azolla, kalau dibudiayakan ya bisa kira-kira sendiri berapa penghasilannya. Mendapatkan bibit azolla ada di sekertariat perumahan Joyo Kusumo depan stadion,” kata Teguh. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here