Home Wisata Sebanyak 1,135 Miliar Dikucurkan Untuk Pembangunan Wisata Gua Pancur Pati

Sebanyak 1,135 Miliar Dikucurkan Untuk Pembangunan Wisata Gua Pancur Pati

SHARE
Gua Pancur Pati
Nug/Wartapati. Kabid Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati, Sutopo saat dikonfirmasi wartawan di Gua Pancur, Desa Jimbaran, Kayen, Pati.

Wartapati.com Kayen – Dana Alokasi Khusus (DAK) dianggarkan guna pembenahan sarana dan prasarana wisata Gua Pancur yang ada di Desa Jimbaran, Kayen Pati. Gelontoran dana itu tak tanggung-tanggung yakni 1,135 miliar dikucurkan guna pembangunan fisik bagi pengunjung dan kafe di sekitar lokasi wisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati, melalui Kabid Destinasi Wisata, Sutopo mengatakan total dari dana itu bakal dianggarakan untuk pembangunan gapura sebanyak 200 juta rupiah, pembangunan gazebo, kolam renang, toilet dengan anggaran 100 juta rupiah.

 

Baca juga: Pabrik Arang Di Kayen Pati Terbakar

“Untuk kios souvenir berukuran 16×2 meter berjumlah 32 kios yang menghadap ke danau kami menyediakan 800 juta rupiah plus talut dan jalan paving pengunjung. Jangka waktu lima bulan setelah hari raya Idul fitri, target sudah rampung,” ungkapnya saat Forum Grud Diskusi (FGD) Forum Jurnalis Independen Pati (Forjip) Sabtu (28/4/2018).

Tak hanya itu, pihaknya bakal melengkapi lokasi wisata tersebut dengan homestay yang berada di sekitar Gua Pancur. Tak lain bertujuan memudahkan pengunjung yang ingin menghabiskan waktu panjang berwisata di sekitar Kecamatan Kayen.

 

Baca juga: Unik, Ada Air Hangat Di Dalam Gua Pancur

“Ditempati orang dari luar. Prospek, masa depan kami sediakan homestay di Desa Jimbaran. Kemarin pas pelancong asal Malaysia datang ke sini, menginap di hotel kawasan kota. Bakal kami siapkan di Jimbaran. Sekalian biar tahu kuliner Jimbaran. Ini maksutnya,” Imbuh Sutopo.

Fasilitas-fasilitas itu dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan warga Kabupaten Pati pada umumnya. Sehingga sektor pariwisata di Bumi Mina Tani menjadi salah satu penopang keberlangsungan ekonomi daerah. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.