Home Berita Nasional Santri di Sugirejo Gabus Belajar Daur Ulang Sampah

Santri di Sugirejo Gabus Belajar Daur Ulang Sampah

Wartapati.com Gabus – Tak hanya belajar ilmu penetahuan terutama keagamaan, santri juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya adalah kebersihan sekitar. Maka tak jarang santri lebih kreatif mengolah sampah menjadi benda bernilai ekonomi.

Seperti santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Al Ma’ruf yang terletak di Desa Sugirejo Kecamatan Gabus, pati. Mereka yang mendapat bimbingan dari Woman Inspiration Gage Go Organik (WI 3 GO) asal Pati.

Puluhan santri dan santriwati dibimbing membuat pupuk kandang dan kerajinan bunga dari limbah kantong plastik yang mudah didapat dari lingkungan setempat. Melalui prakarsa dari WI 3 GO, santri dan santriwati semangat berlatih bersama cara mengolah sampah menjadi benda yang bermanfaat.
Koordinator 3 GO Pati, Eni Prasetyowati mengatakan melalui pelatihan ini bisa memandirikan santri dengan sedikit kreatif untuk mengolah sampah menjadi benda bernilai ekonomi.
“Daur ulang sampah organik dan anorganik. Organik kita buat pupuk cair dan padat melalui fermentasi dari santri di Ponpes Al Ma’ruf ini untuk menanam. Sementara santriwati kita latih membuat kerajinan dari sampah anorganik. Yang terlibat tim WI 3GO jugadari santri,” kata Koordinator 3 GO.
Santriwati Ponpes Al Ma’ruf, Afika mengaku senang dalam berkreasi membuat kerajinan tangan berbentuk bunga dari kantong plastik sisa santriwati lain. Meski sulit, Afika dengan teliti melihat kerapian benda olahan dari sampah yang dikerjakannya.
“Sulit saat merapikan, tapi senang dapat ilmu baru,” terang Afika.
Pengasuh Ponpes Al ma’ruf, KH Abdul Rohman Al Ma’ruf mengapresiasi WI 3 GO dalam membimbing santrinya. Dengan bimbingan itu, santri semakin kreatif dan semakin bertambah pengetahuannya dalam mengolah limbah-limbah yang terdapat pada lingkungan sekitar.
“Setiap pagi anak sudah bersih-bersih yang dibagi dari kelompok kebersihan. Harapan agar masyarakat ingin bersama dengan santri dalam hal kebersihan dan keindahan lingkungan Desa Sugirejo,” terang KH Abdul Rohman. NUG

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.