Home Info Pati Rebutan Gunungan Makanan Sedekah Bumi Desa Mojoagung, Trangkil

Rebutan Gunungan Makanan Sedekah Bumi Desa Mojoagung, Trangkil

SHARE
Desa Mojoagung, Trangkil
Nug/wartapati Rebutan Gunungan Makanan Sedekah Bumi Desa Mojoagung, Trangkil

Wartapati.com Pati – Tak hanya warga Desa Mojoagung, Trangkil saja yang berebut gunungan makanan saat puncak sedekah bumi, melainkan warga lain desa juga  tertarik ikut berebut makanan dari gunungan yang diarak menuju punden desa, Selasa (10/7/2018).

Mayortias warga yang ikut berebut makanan percaya akan mendatangkan berkah tersendiri jika memakannya. Terlebih bersama keluarga. Berebut makanan yang tersusun di gunungan sangat meriah, pasalnya anak-anak hingga orang tua ikut berebut.

Baca juga: 10 Ha Lahan Tebu Terbakar di Desa Suwaduk, Wedarijaksa

Tak hanya itu saja, pihak panitia menyediakan makanan nasi berkat yang disebut julen lengkap dengan lauk yang dibagikan kepada warga di punden desa.

Warga dari tetangga Desa Mojoagung, Lamini percaya jika julen yang didapat akan membawa berkah. Dari 6 bungkus julen yang diperolehnya akan dimakan bersama keluarga. Sedangkan sebagian nasi dikeringkan untuk makan ternak.

“Nasi berkat, mau dimakan sekeluarga, ini dapat 6 bungkus biar barokah gitu mas, ada yang dikeringkan untuk makan ayam, tidak sakit-sakitan, tambah banyak,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat sekitar, Tejo Pramono menjelaskan gunungan yang disediakan dari panitia terdiri dari gunungan laki-laki yang berisi buah-buahan. Sedangkan gunungan perempuan disusun dari nasi berbentuk tumpeng.

“Punya keyakinan bersih Desa Mojoagung mendapat nasi besek, ambengan, julen punya keyakinan dibuat karak (nasi dikeringkan) atau dimakan, Karak kalau punya tanaman bisa disebar ke tanaman. Tapi kita tidak boleh melebihi dari (kekuasaan) Allah ya,” katanya.

Menurutnya, jumlah julen yang disumbangkan dari warga terus bertambah tiap tahunnya. Sehingga banyak warga yang membawa pulang julen lebih dari satu bungkus setiap kali sedekah bumi Desa Mojoagung.

Baca juga: Kirab Pusaka Sedekah Bumi Mojoagung, Trangkil

“Jadi tanpa kami kasih tahu, mereka kesadaran sendiri.  Yang jelas kami ritualan sedekah bumi bertambah tiap tahun julen itu,” pungkasnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.