Home Info Pati Pupuk Kerukunan Umat, Gusdurian Pati Rencana Bagi Takjil Ramadhan

Pupuk Kerukunan Umat, Gusdurian Pati Rencana Bagi Takjil Ramadhan

Nug/Wartapati. Sekertariat Gusdurian Pati di klenteng Hok Tik Bio, kawasan Pecinan.

Wartapati.com Pati – Momentum bulan suci Ramadhan, Gusdurian Pati semakin giat memupuk kerukunan umat beragama dengan bagi-bagi takjil di titik-titik keramaian pusat kota Pati. Tak tanggung-tanggung, Jumlah takjil berbuka puasa sebanyak 4.000 bungkus yang akan dibagikan kepada pelintas jalan menjelang waktu berbuka.

Bagi-bagi takjil merupakan kegiatan rutin dari komunitas Gusdurian dimana anggotanya terdiri dari berbagai agama dan etnis di Pati. Semua elemen itu ikut terlibat dalam aksi sosial yang direncanakan.

“Ini merupakan kegiatan rutin Klenteng dan Gusdurian, dalam upaya menyatukan bangsa, serta membangun kerukunan umat beragama, maupun antar etnis. Sasarannya di perempatan Jago yang merupakan lalulintas dari arah Surabaya ke Semarang. Jadi tujuannya terutama saudara-saudara kita yang berpuasa dalam perjalanan menggunakan kendaraan motor, sehingga kita siapkan takjil itu,”  kata Eddy Siswanto.

Saat membagikan, pihaknya menggandeng Pemuda Kristen/Katolik, GP Ansor, Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) dan pelajar, anggota Kodim 0718, Polres dan Pemkab Pati.

Untuk menyiapkan takjil berupa kolak, kata Eddy Siswanto yang juga ketua umum kelenteng Hok Tik Bio, membutuhkan 1,5 kwintal kolang-kaling, 1,5 kwintal ubi dan 1 kwintal ketela serta 200 sisir pisang.

Eddy Siswanto menjelaskan, untuk menyiapkan kolaknya sendiri, pihaknya mendapat bantuan dari Bhayangkari Polres dan Persit Candra Kirana Kodim Pati, di dapur klentheng.

Sedangkan makanan pembuka berbuka yakni arem-arem yang diborongkan dari warga sekitar. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.