Home Info Pati Potong Mata rantai Tata Niaga, Warga Pati Bisa Nikmati Beras Murah

Potong Mata rantai Tata Niaga, Warga Pati Bisa Nikmati Beras Murah

Wartapati.com Pati – Perum Bulog bersama Gubernur Jawa Tengah beberapa waktu lalu membuat terobosan baru guna memangkas harga beras. Dengan kerja sama ini dimugninkan penyediaan beras kualitas medium bisa sampai di kios-kios hingga pelosok desa.

“Dirut kami Pak Budi Waseso sudah MoU dengan Gubernur jadi operasi pasar ini kita lakukan ke desa-desa, kami ingin memotong mata rantai niaga supaya masyarakat di desa bisa menikmati beras medium ini,” kata Kepala Bulog Sub Divre Pati Muhammad taufiq baru-baru ini.

Kepala Bulog subdivre Pati mengatakan mekanisme itu disiasati dengan mengirimkan langsung beras sesuai permintaan ke warga. Untuk mengetahui besaran yang diminta, bulog berkoordinasi dengan paguyuban kades.

Baca Juga :Dugaan Pelecehan Seksual Anak Oleh Ayahnya di Pati, Disoroti Kak Seto

“Kami dengan paguyuban kades berhubungan jadi silahkan warga utuh berapa itu bisa berhubungan dengan bulog. Kami langsung antar ke desa,” ungkapnya.

Beras yang didistribusikan adalah kualitas medium. Cara ini tentu memangkas tata niaga beras seperti biasa yang berjalan sudah lama, yakni delapan tahap dari Bulog sampai ke konsumen.

Beras yang dijual nantinya melalui warung atau kios yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Konsep ini diharapkan bisa menekan harga beras dipasaran, dimana beras medium biasanya mencapai 10 ribu rupiah. Dengan cara baru ini bisa menekan harga sampai 8.500 rupiah per kilogram.

“Beras akan langsung dikirim dari gudang Bulog ke kios, warung dan koperasi di desa-desa yang tentunya dengan harga lebih murah,” kata Kepala Bulog Sub Divre Pati.Nug .

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.