Home Berita Nasional PNS Pati Ramai-ramai Beli Bawang Merah Petani Lokal

PNS Pati Ramai-ramai Beli Bawang Merah Petani Lokal

PNS Pati
Nug/Wartapati. PNS Pati membeli bawang merah dari petani lokal

Wartapati.com PATI – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pati ramai-ramai membeli bawang merah dari petani lokal, Senin siang (29/1/2018).

Hal itu sesuai program Pemkab Pati yang mewajibkan kalangan PNS Pati untuk membeli bawang merah dari petani lokal guna mengatasi anjloknya harga bawang merah hasil panen raya.

Sedikitnya 436 kwintal bawang merah di drop petani asal Desa Tondomulyo, Batangan di Sekretariat Dewan (Sekwan).  Jumlah tersebut nantinya diserap PNS di dinas tersebut.

Baca juga: Pertanian Pati Kalah Dengan Luar Negeri, Ini alasannya

Ketua Kelompok Tani Kridamulya, Suyadi, mengaku drop bawang itu hasil permintaan dari anggota petani lantaran pada 15 Januari lalu beraudiensi dengan Pemkab mengatasi anjlok harga bawang merah bertepatan dengan panen raya.

“Disepakati bupati dan dinas, menyerapnya bawang merah dari kecamatan. Mintanya ditarik dari petani biar dari pasaran tidak terlalu banyak,” kata Suyadi.

Baca juga: Kembalikan Kesadaran Belajar Siswa Bisa Dengan Cara Ini

Ketua kelompok tani mengaku jika masih banyak timbunan bawang merah di rumah petani, menunggu serapan dari dinas lain. Satu bungkus bawang merah masing-masing seberat dua kilogram dibeli dengan harga 30 ribu rupiah oleh PNS dilingkungan Sekwan.

PNS Pati
Nug/Wartapati. PNS Pati membeli bawang merah dari petani lokal

Adanya serapan bawang merah petani lokal oleh PNS Pati dirasa Suyadi sangat membantu meringankan dan mengurangi timbunan bawang merah dari petani di Desa Tondomulyo, Batangan.

Sementara itu, Plt Ketua Sekwan, Santoso, langkah itu bentuk solidaritas untuk meringankan beban petani mengatasi anjloknya harga bawang merah lokal.

“Pegawai kami wajibkan 2 kg. Hanya 36 pegawai di Dewan,” kata Santoso. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.