Home Politik Dua Parpol Baru Peserta Pemilu di Pati Wajib Ikut Verifikasi Anggota dan...

Dua Parpol Baru Peserta Pemilu di Pati Wajib Ikut Verifikasi Anggota dan Pengurus

45
0
SHARE
Peserta Pemilu di Pati

Wartapati.com Peserta Pemilu di Pati – Dua Parpol baru Peserta Pemilu di Pati 2019 wajib mengikuti verifikasi kepengurusan dan keaggotaan yang diselengarakan KPU Pati. Dua Parpol itu ialah Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua KPU Pati, M. Nasich mengungkapkan, terdapat 14 parpol yang memenuhi syarat dari KPU RI. Namun dari jumlah tersebut, 12 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat. Di Pati dari 12 parpol yang memenuhi syarat, terdapat 2 partai baru dan itu yang diwajibkan mengikuiti verivikasi kepengurusan dan kenaggotaan.

“Ketentuan UU juga bahwa verifikasi faktual dilakukan pada parpol yang belum pernah mengikuti peserta Pemilu. Untuk itu 12 parpol yang memenuhi syarat, 10 parpol adalah peserta pemuli 2014,” tutur M. Nasich, Jumat (15/12).

Proses verivikasi Peserta Pemilu di Pati tersebut, lanjutnya, pihak KPU masih menunggu perintah dari mahkamah konstitusi (MK).

“Tetapi dalam ketentuan UU 7/2017 untuk parpol Peserta Pemilu di Pati 2014 tidak dilakukan verivikasi faktual dan kenaggotaan, namun selesai pada verivikiasi admisnistrasi pada 10 parpol peserta pemilu 2014,” imbuhnya.

Maka, selain diwajibkan mengikuti proses verivikasi, 2 parpol tersebut juga wajib melakukan undian pengambilan nomor awal guna verivikasi keanggotaan

“Nah secara nanti berkelipatan, nomor awal ini yang sudah diambil itu untuk pengambilan sampel-sampel berikutnya. Jadi misal hari ini terambil angka 7, maka angka 7 sebagai nomor awal anggota parpol yang bersangkutan, Itu sebagai contoh. Nomor 7 kita ambil sebagai nomor awal. Dan nomor berikutinya tambah 10 berarti 17 sampai dengan jumlah sampel yang dibutuhkan,” jelasnya.[Nug]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here