Home Info Pati Perusahaan di Pati Ini Kekurangan Tenaga Kerja 700 Orang

Perusahaan di Pati Ini Kekurangan Tenaga Kerja 700 Orang

Sidak THR
Nug/wartapati aktivitas para pekerja perusahaan saat Sidak THR

Wartapati.com Pati – Perusahaan pengolah hasil laut terbesar di Kabupaten Pati membutuhkan pekerja sebanyak 700 orang. Jumlah itu dibutuhkan untuk tenaga produksi olahan hasil laut ekspor.

General Manager perusahaan, Sri Mamik Wijaya, mengungkapkan selama ini pihaknya kesulitan mencari tenaga kerja perempuan. Padahal setelah lebaran,  perusahaan itu harus menambah 700 pekerja perempuan.

“Kendala untuk rekrutmen sulit mendapatkan tenaga kerja wanita, karena tahun ini setelah lebaran ini kita harus nambah 700 orang lagi di Dua Putra,” katanya, Sabtu (9/6/2018).

Dia mengungkapkan penyebab kekurangan pekerja perempuan karena suhu ruang kerja yang dingin, yakni 18 derajat saat memproses hasil laut. Presentase 95 persen dari 2.200 pekerja di perusahaan adalah perempuan.

“Pekerja perempuan Mayoritas 95 persen, sekitar 2000 orang. Harusnya sekitar 2700 wanita. Untuk memaksimalkan itu sementara ini kami lembur, tapi tetap tidak cukup menyelesaikan jumlah order yang ada,” tambah Sri Mamik.

Pihaknya mengaku hingga ke tingkat RT untuk mencari tenaga kerja dengan membagikan brosur lowongan kerja. Gaji yang diberikan cukup lumayan bagi pekerja itu.

“Kami berikan mereka lembur sama insentif, jadi mereka satu bulan dari UMK 1,6 itu kalau mereka lembur itu mereka dapat 2,5-3 juta per bulan,” tambah General Manager.

Saat ini mayoritas pekerja berasal dari Kecamatan kota dan Juwana.

“Lumayan daripada kerja keluar daerah. Kalau memahami itu seharusnya mereka tertarik kerja di industri ini. Rata-rata kebanyakan Pati Juwana,” ungkapnya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.