Home ReneGo Penghijauan wilayah pesisir Tunggulsari Kerjasama Jepang

Penghijauan wilayah pesisir Tunggulsari Kerjasama Jepang

SHARE
Penghijauan wilayah pesisir
Nug/wartapati Penghijauan wilayah pesisir

Wartapati.com Tayu – Penghijauan wilayah pesisir Kabupaten Pati dengan Pihak Tokio Marine Organization for Industry, Spiritual, Culture and Advancement (OISCA) mebuahkan hasil. Seluas 25 hektar penghijauan memanfaatkan mangrove menutup pesisir Desa Tunggulsari.

Kades Tunggulsari, Jarot Supriyanto mengatakan, sejak 2009 melalui program Pemda, pihak Lembaga Swadaya Masyrakat (LSM) Tokio Marine OISCA mendampingi Dinas Kelautan dan Dinas Kehutanan untuk Penghijauan wilayah pesisir laut jawa di Kabupaten Pati mulai dari Kecamatan Dukuhseti hingga Wedarijaksa. Kawasan pesisir tersebut tergerus abrasi cukup luas pada waktu itu.

“Tim dari Jepang ada 3 orang, pendamping dari jepang Tokyo Marine OISCA ada 2 orang dari Jepang juga, dari dinas kelautan ada 2 orang, Dispermades ada 2 orang dan perangkat desa pada Senin (25/9) lalu,” ungkap Jarot.

Kades menyampaikan, pendampingan itu dilakukan setahun sekali dimana mamnafaatkan musim yang tepat untuk memantau dan menanam mangrove. Di sisi lain, abrasi wilayah tersebut semakin bertambah, maka mengantisipasinya dengan Penghijauan wilayah pesisir. Sebelum tahun 2009, pihak pemda melalaui dinas yang menaungi melakukan penghijauan, namun belum memberi hasil yang signifikan.

“Yang belum tersentuh penghijauan dari LSM di Jepang masih banyak, dikarenakan lautnya ‘lari’ terus. Sehingga penanaman dilakukan tiap tahun.” Imbuhnhya.

Kades Jarot berharap upaya tersebut memberi hasil yang signifikan bagi desa dan kawasan pesisir Kabupaten Pati. Mengingat harapan itu sudah lama sejak terjadinya abrasi, ditambah masyarakat pesisir desa setempat berkerja sebagai petani tambak ikan.Nug

Comments

comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.