Home Info Pati Pencairan Alokasi Dana Desa Bakal Ditunda Jika Desa Tak Serahkan Ini

Pencairan Alokasi Dana Desa Bakal Ditunda Jika Desa Tak Serahkan Ini

Alokasi Dana Desa
istimewa/wartapati. Proses pembuatan talut jalan desa Alokasi Dana Desa

Wartapati.com Pati – Penundaan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) mungkin saja terjadi jika pihak pemerintah desa belum menyerahkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) desa. Penundaan itu berkaitan dengan pembangunan sarpras yang bersumber dari ADD.

Diwawancarai Wartapati.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati, A. Faisal, mengatakan, masih ada desa yang belum menyerahkan SPJ penggunaan keuangan desa dari ADD 2017.

Baca juga: 200 Bungkus Takjil Dibagikan Komunitas ini, Simak Mana Saja Lokasinya

Pihaknya mengetahui jika pihak pemerintah desa sudah menyusun SPJ tersebut, hanya saja rasa malas membuat pemdes enggan menyerahkan SPJ.

“SPJ sebenarnya sudah selesai, cuma belum diserahkan kepada kita (terlambat). Makanya, untuk mempercepat SPJ pihaknya membuat shock terapi,” tuturnya, Senin (28/5/2018).

Bagi pemdes yang masih malas menyerahkan SPJ pembangunan sarpras, kata Kepala DPUTR, bisa saja pihak pemkab menunda dana ditahap berikutnya.

“Jadi nanti kalau tidak mau menyerahkan, terlambat menyerahkan pencairannya ya kita tunda, untuk pencairan berikutnya. Keterlambatan menyerahkan SPJ itu, Cuma kemalasan saja untuk menyerahkan, padahal sudah ada. Tapi tinggal mengantar saja kok males,” terangnya.

Baca juga: Sudut Ruangan Ini Jadi Surga Ilmu Anak Desa Pangkalan, Margoyoso

Kepala DPUTR Kabupaten Pati A. Faisal berharap, dalam penyusunan SPJ pembangunan sarana prasarana desa itu, nantinya setiap Pemdes mendapat pendampingan atau fasilitator dari UNDIP yang hingga kini masih berproses di BKPP. Sehingga, pemanfaatan ADD untuk pembangunan sarana dan prasana desa, dapat terserap semuanya. [NUG]

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.