Home Berita Nasional Disdukcapil Upayakan Pemilih Pemula Pilgub 2018 Memiliki KTP

Disdukcapil Upayakan Pemilih Pemula Pilgub 2018 Memiliki KTP

SHARE
Pilgub 2018
Nug/Wartapati. Warga menunggu proses pembuatan e-KTP di Disdukcapil.

Wartapati.com Pati – Meski pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub 2018) pada 27 Juni 2018, namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pati mengupayakan bagi calon pemilih pemula agar bisa menggunakan hak pilihnya tahun depan.

Saat ini Disdukcapil tengah merekapitulasi data calon pemilih pemula yang mana pada hari pelaksanaan pemungutan suara Pilgub 2018 sudah berusia 17 tahun pada Pilgub 2018.

Kepala Disdukcapil Pati, Rubiyono mengaku untuk mengupayakan rekapitulasi data wajib KTP pada hari pelaksanaan pemugutan suara Pilgub 2018 tidak ada yang terlewatkan. Sehingga pemilih bisa menggunakan hak pilihnya tanpa terkendala karena ketiadaan kepemilikan KTP.

“Jadi kemarin kita rapat dengan KPU Pati maupun Panwas bahwa rencana Pilgub 27 juni 2018. Khususnya bagi pemilih pemulai yang saat ini berusia 16 tahun nanti pada saat pemilihan berusia 17 wajib memberikan hak suaranya. Itu sudah kami proses rekalpitulasi data. Jadi nanti pada 27 juni 2018 berusia 17, dia sudah bisa menggunakan haknya mencoblos,” tuturnya di ruang kerja, Sabtu (7/10).

Rubiyono menuturkan,kendala yang sering dialami pihaknya karena gangguan serves dan keterbatasan blangko dimana jumlah tersebut ditentukan dari pusat. Saat ini dari data wajib KTP yang dimiliki Disdukcapil terdapat 954.689 jiwa. Sebanyak 10 persen dari jumlah tersebut belum memiliki blangko e-KTP meski sudah melakukan perekaman disebabkan keterbatasan blangko.

“Maka dari itu, kami Disdukcapil berbagai upaya melakukan perekaman baik disekolah, rumah sakit maupun di desa seperti kegitan kampung KB,” pungkasnya.Nug

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.