Home Opini Pembentukan Karakter dengan Pembiasaan Berbaris

Pembentukan Karakter dengan Pembiasaan Berbaris

Pembentukan Karakter
baris berbaris

wartapati.com – Pembentukan Karakter – Karakter tidak dapat terbentuk dengan sendirinya. Namun, perlu adanya pembiasaan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk proses pembentukan karakter. Hal itu bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah.

Tentunya ada berbagai upaya yang dapat dilakukan. Masa-masa usia keemasan anak yang sering disebut “Golden Age” perlu betul-betul dioptimalkan.

Di sekolah, juga ada banyak kegiatan. Berdasarkan kurikulum yang ada, siswa-siswa di sekolah terlalu banyak menerima materi pelajaran. Acapkali penumbuhan karakter kurang mendapat perhatian.

Untuk menyikapi hal itu, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk penumbuhan karakter, yang sebenarnya juga dapat menjadi penanaman nilai-nilai religius. Salah satunya ialah membiasakan siswa untuk berbaris.

Berbaris ada banyak manfaatnya. Diantaranya ialah siswa berlatih menghargai waktu. Setelah bel masuk dibunyikan, siswa berbaris di depan kelas. Menata barisan secara lurus. Dan berusaha memusatkan perhatian kepada ketua kelas yang memimpin baris di depan.

Ketika berbaris dibiasakan, hal itu dapat mendorong siswa untuk lebih rapi dalam barisan. Berlatih untuk bersabar dipanggil bergantian masuk kelas.

Barisan yang rapi dan tenang akan dipanggil terlebih dahulu untuk memasuki ruang kelas. Dengan pembiasaan hal demikian, bisa menjadi salah satu upaya untuk penanaman karakter bagi siswa-siswa. (SV-1)

Comments

comments