Home Opini Pemanfaatan Mesin Selep Padi Keliling Makin Diminati

Pemanfaatan Mesin Selep Padi Keliling Makin Diminati

Mesin Selep Padi Keliling
selep padi keliling

wartapati.com – Mesin Selep Padi Keliling – Mesin pengupas kulit padi atau yang sering disebut dengan mesin selep padi sangat mempermudah petani padi. Sebenarnya sudah ada sejak lama ada di beberapa tempat.

Akan tetapi, para petani harus berbondong-bondong antri menuju tempat yang menyediakan selep padi. Mereka harus membawa padi mereka ke sana.

Namun, kini di desa-desa khususnya di Desa Dukuhseti sudah ada jasa mesin selep padi keliling. Tentunya warga desa yang memiliki padi tak perlu repot-repot menuju tempat selep. Mesin yang ada bisa dimanfaatkan.

Bedanya, bisa jadi pada harga selep padi. Tapi tentunya, hanya selisih sedikit. Hal itu wajar-wajar saja karena mereka yang memiliki mesin selep padi juga sudah mengeluarkan uang untuk mengisi bahan bakar mesin tersebut agar bisa beroperasi.

Ada banyak petani Dukuhseti yang semakin minat dengan pemanfaatan mesin selep tersebut. Bahkan, mereka ada yang dengan sengaja memanggil pemilik mesin untuk datang ke rumah. Ini merupakan mutualisme, kedua pihak yang saling diuntungkan. Keduanya tidak akan merasa dirugikan karena saling memanfaatkan.

Setiap datang, ada dua orang yang bekerja di pengoperasian mesin selesp keliling tersebut. Salah satunya mengambil padi, menaruh ke dalam ember, kemudian mengangkat dan memasukkan ke lubang penyelepan.

Setelah beberapa menit saja, semua kulit padi sudah mengelupas bersih menjadi beras. Sedangkan orang yang satunya, mengoperasikan mesin atau kadang membantu menata padi yang sudah menjadi beras. (SV-1)

Comments

comments